no comments

10 Cara agar Tidur Lebih Nyenyak

tidur nyenyak

Sudah merebahkan diri ke atas kasur, lampu sudah dimatikan tapi rasanya sulit untuk memejamkan mata. Tidur sebentar, eh tiba-tiba terbangun gara-gara bunyi telepon ataupun suara berisik di luar rumah. Alhasil, harus kembali mencoba untuk tidur kembali.

Kejadian di atas bukan hanya dialami satu atau dua orang di perkotaan, ada banyak orang yang sulit mendapatkan tidur nyenyak berkualitas. Gaya hidup yang sibuk serta akses telekomunikasi yang terhubung 24 jam dengan Anda bisa berdampak pada kualitas tidur Anda.

Ingin mendapatkan tidur lebih nyenyak? Yuk coba beberapa hal berikut, mulai dari tidur tanpa busana hingga semprotkan aroma lavender ke ruangan seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (28/4/2015).

1. Tidur tanpa busana
Bila ruangan Anda tidak menggunakan pendingin udara, bisa jadi kesulitan tidur yang dialami gara-gara tubuh kepanasan sehingga membuat Anda tak nyaman. Mempertahankan tubuh pada suhu nyaman dengan melepas pakaian bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak.

2. Berhenti merokok
Salah jika berpikir merokok sebelum tidur bisa membantu tubuh lebih santai. Kenyataannya, nikotin yang terdapat dalam rokok meningkatkan denyut jantung sehingga otak terus terjaga.

3. Makan pisang
Buah berdaging lembut ini mengandung hormon melatonin serta asam amino triptofan yang berperan membuat tidur malam ini jadi lebih nyenyak.

4. Mandi air hangat
Mandi air hangat membuat suhu tubuh meningkat, lalu pada saat selesai tubuh akan beradaptasi secara cepat menurunkan suhunya. Hal ini bisa membuat rasa kantuk datang lebih cepat.

5. Rutinitas tidur
Membiasakan tidur rutin bisa mempermudah Anda untuk segera tidur pada jam tersebut. Misalnya, tetapkan jam tidur pukul 22.00.

6. Hindari Konsumsi kopi setelah pukul 14.00
Banyak yang mengonsumsi kopi di sore hari untuk mengusir rasa kantuk, nah dampaknya bisa sampai pada malam hari nanti lho. Kandungan kafein masih terdapat dalam tubuh selama delapan jam. Oleh karena itu batasi minum kopi hingga pukul dua siang saja agar nanti malam bisa tidur nyenyak.

7. Gunakan kasur hanya untuk tidur dan bercinta
Hindari membawa pekerjaan atau menonton film di atas kasur. Hal ini akan membuat Anda berpikir bahwa kasur hanya untuk tidur maupun bercinta bersama pasangan.

8. Bernapas dalam-dalam
Salah satu hambatan tidur nyenyak yakni pikiran yang melayang-layang seputar permasalahan yang ada. Nah, coba bernapas dalam-dalam untuk menenangkan sistem saraf dan memperlambat detak jantung ANda. Latihan pernapasan terbukti bisa membantu tidur jadi lebih nyenyak. Caranya:
– Buang napas lewat mulut
– Tutup mulut dan tarik napas lewat hidung selama 4 detik
– Tahan hingga 7 detik
– Buang napas di hitungan kedelapan.
Ulangi tiga kali.

9. Tuliskan kegelisahan Anda
Cara di atas belum juga mampu membuat Anda terlelap? Jika iya, coba sebelum tidur tuliskan apa saja yang membuat Anda gelisah. Menuliskan kekhawatiran dalam hidup dapat membuat masalah jadi lebih ringan.

10. Pasang pewangi aroma lavender
Pewangi ruangan beraroma lavender terbukti memperlambat denyut jantung dan tekanan darah serta memberi efek relaksasi. Coba semprotkan pewangi ruangan aroma lavender lembut untuk tidur lebih nyenyak.

Sumber: LIPUTAN.COM

Loading...

Reply