Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

Jika dicermati karya ilmiah memberikan manfaat yang besar sekali, baaik bagi penulis sendiri maupun bagi pembaca tau masyarakat pada umumnya. Sekurang-kurangnya ada delapan manfaat atau keuntungan yang diperoleh dari kegitan tersebut. Kedelapan keuntungan tersebut antara lain:
  1. Dengan menulis kita dapat lebih mengenali kemampuan dan potensi diri kita. Kita mengetahui sampai dimana tingkat pengetahuan kita tentang topik tertentu. Untuk mengembangkan topik itu terpaksa kita harus berpikir, menggali pengetahuan dan pengalaman yang terkadang tersimpan di alam bawah sadar.
  2. Melalui kegitan menulis kita mengembangkan barbagai gagasan. Kita harus berpikir ilmiah, menghubung-hubungkan dan membangkitkan fakta-fakta yang mungkin tidak pernah kita lakukan jika kita tidak menulis.
  3. Kegitan menulis memaksa kita lebih banyak menyerapa, mencari, dan mengusai informasi sehubungan dengan topik yang kita tulis. Dengan demikian kegitan menulis memperluas wawasan baik secara teoritis maupun fakta-fakta yang berhubungan.
  4. Menulis berarti mengorganisasikan gagasan secara sistematis dan mengungkapkannya secara tersurat. Dengan demikian kita dapat menjelaskan permasalahan yang semula mungkin masih samar bagi kita sendiri.
  5. Melalui tulisan kita dapat meninjau dan menilai gagasan kita seendiri secara lebih objektif.
  6. Dengan menuliskan gagasan di atas kertas kita kan lebih mudah memecahkan permasalahan, yakni dengan menganalisisnya secara tersurat, dalam konteks yang lebih konkret.
  7. Tugas menulsi mengenai suatu topik mendorong kita belajar secara aktif. Kita harus menjadi penemu sekaligus pemecah masalah, bukan sekedar menjadi penyadap informasi dari orang lain.
  8. Kegitan menulis yang terencana akan membiasakan kita berpikir dan berbahasa secara tertib (Akhadiyah, 1999:1-2)

Diketik ulang oleh: Muhamad Anwar, S.Pd

Sumber Rujukan:
Dr. Farida Nugrahani, M.Hum dan Dr. Ali Imron MH, M.Hum. 2010. Metode Penulisan Karya Ilmiah (panduan bagi mahasiswa, ilmuan, dan eksekutif). Yogyakarta: Pilar Media (Anggota IKAPI

2 Responses to "Manfaat Penulisan Karya Ilmiah"

  1. iya memang banyak manfaatnya, ketimbang membayar orang lain untuk membuatkan.....sudah kuliahnya sabtu minggu...penelitian dapat beli lagi....benar-benar pragmatis ini ...^_^

    salam hangat dari kota Balikpapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah makanya kalo skripsi itu di buat sendiri, biar tahu manfaatnya,,,,hmmmm " salam hangat balik"

      Hapus

Google+ Followers

Facebook Like