Tata Cara Pendaftaran CPNS 2013 Secara Online

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2013 Secara Online
Mungkin bagi Anda yang sudah berkali-kali mengikuti tes CPNS beberapa tahun kebelakang pasti sudah mengetahui cara mendaftar CPNS secara online, hal ini dikarenakan sejak tahun 2012 pendaftran CPNS baik untuk CPNS pusat maupun CPNS daerah haruslah dilakukan secara online pada situs pendaftaran online CPNS yang dibuat khusus oleh pemerintah. Bagi para peserta CPNS baik pemahaman tentang cara mendaftar online atau pun langsung tentu menjadi perhatian yang sangat penting karena inilah yang menjadi titik awal untuk bisa mengikuti ujian CPNS.

Nah, bagi Anda yang mulai mengikuti test CPNS pada tahun 2013 ini sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tata cara pendaftaran online CPNS 2013. Tentu saja bagi para pemula akan merasa bingung dan kurang mengerti bagaimana cara pendaftaran online 2013 nanti. Maka seperti halnya pendaftaran online CPNS tahun 2012 yang lalu, di bawah ini adalah gambaran umum tata cara pendaftaran online yang perlu Anda ketahui dan pelajari dimana tes CPNS 2013 ini direncanakan akan dibuka pada semester II tahun 2013 ini.


  1. Pendaftaran CPNS dilaksanakan secara online melalui website yang dibuat khusus dan akan diumumkan nanti oleh instansi yang anda lamar.
  2. Pada situs pendaftaran CPNS online tersebut, pelamar diharuskan mengisi semua formulir mengikuti format yang telah disediakan secara online. Setelah langkah ini otomatis data diri anda akan tersimpan di server panitia penerimaan CPNS 2013.
  3. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online dapat mengunduh atau mendownload formulir-formulir yang telah di isi tersebut seperti Formulir Pendaftaran Online, Daftar Riwayat Hidup Singkat, Surat Pernyataan, dan Tanda Bukti Pendaftaran dan berkas lain jika ada;
  4. Selanjutnya setelah mengisi pendaftaran secara online, semua berkas tersebut dapat di cetak, kemudian bersama-sama berkas lamaran sesuai dengan syarat pendaftaran CPNS yang ditentukan masing-masing instansi seperti Izajah, Fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku, Pas foto, surat keterangan, dll dibuat dalam satu amplop dan siap dikirim.
  5. Selanjutnya berkas yang telah dilengkapi baik yang di isi online dan berkas offline, Berkas Lamaran tersebut dikirimkan kepada panitia penerimaan CPNS 2013 dengan alamat khusus yang nantinya akan diberitahukan secara jelas.
  6. Bagi pelamar yang memenuhi syarat pendaftaran administrasi akan lulus seleksi berkas dan selanjutnya berhak mengikuti ujian tulis CPNS 2013

Tata Cara Pendaftaran CPNS secara online ini hanya merupakan gambaran umum saja, karena bagaimana tata cara pendaftaran online CPNS tahun 2013 nanti akan di umumkan secara teknis dan resmi. Selain itu mungkin tata cara pendaftaran di atas akan ada perbedaan antar masing-masing instansi penerima CPNS 2013.

Bagi Anda yang berminat mengikuti ujian CPNS 2013 ada baiknya untuk mengetahui gambaran umum seperti di atas terlebih dahulu agar Anda bisa memahami bagaimana proses pendaftaran pada saatnya nanti yang mana merupakan bekal awal untuk menjadi PNS di Indonesia

[sumber: http://sahabathawa.com/tata-cara-pendaftaran-cpns-2013-secara-online/]

0 Response to "Tata Cara Pendaftaran CPNS 2013 Secara Online"

Poskan Komentar