no comments

3 Hal yang harus dihindari jika wajah berjerawat

Hal yang harus dihindari jika wajah berjerawat

Punya kulit wajah berjerawat memang membutuhkan perawatan yang berbeda dari jenis kulit biasanya. Bila kulit normal atau kering bisa lebih fleksibel memilih produk, kulit berjerawat tak bisa seluwes itu. Produk yang dipilih setidaknya harus yang tidak oily dan membantu mengatasi problem jerawat.

Apabila salah merawat, tentu saja jerawat akan semakin parah atau bisa jadi meninggalkan bekas. Apabila Anda memiliki jenis kulit berjerawat, maka ada tiga hal yang menjadi pantangan bagi Anda.

1. Membersihkan berlebihan
Membersihkan wajah adalah kunci bagi pemilik kulit berjerawat agar cepat sembuh dari jerawatnya. Namun, jika terlalu berlebihan membersihkan, maka justru jerawat akan semakin mudah datang.

PH kulit umumnya terganggu saat terlalu sering membersihkan wajah. Bahkan iritasi atau gatal-gatal tak bisa dihindari.

Produk yang dipakai untuk membersihkan wajah juga harus menunjang jenis kulit dan kebutuhannya. Sehingga tepat guna dan efektif.

2. Scrub di lokasi berjerawat
Peeling ataupun scrub dianjurkan untuk dilakukan pada kulit berjerawat untuk membantu membuang sisa sel-sel kulit mati. Namun, tidak disarankan digosok pada bagian yang sedang berjerawat.

Jerawat sebenarnya adalah kulit yang meradang akibat adanya bakteri dan kotoran yang menyumbat pori. Apabila discrub, area tersebut malah akan semakin terluka. Bakteripun bisa menyebar ke area yang lain.

3. Doyan gonta ganti produk
Untuk menemukan produk yang cocok memang perlu riset sendiri. Tetapi biasanya di saat sudah menemukan produk yang cocok, ya tidak perlu berpindah lagi. Sayangnya, sebagian besar wanita tidak setia pada produk yang sudah lama dikenakannya. Wanita cenderung cepat bosan dan doyan mencicipi produk baru yang ditemukannya.

Apabila Anda ingin agar jerawat lekas sembuh dan tidak meninggalkan bekas, maka ikuti langkah berikut ini:

Rajin membersihkan wajah
Rajin membersihkan wajah berbeda dengan membersihkan wajah berlebihan ya. Ada waktu di mana Anda memang harus menggunakan sabun untuk membersihkan minyak dan kotoran.

DO!

Membilas wajah dengan menggunakan sabun dua kali sehari. Selebihnya Anda cukup menggunakan milk cleanser atau air saja. Akhiri dengan menggunakan toner khusus untuk kulit berjerawat setelah mencuci wajah dengan sabun sehingga membersihkan jauh ke dalam.

Pakai pelembab
Memiliki kulit berjerawat sekalipun bukan berarti Anda tidak butuh pelembab. Pilih pelembab berbahan dasar air yang ringan dan tidak bikin kulit berminyak.

Exfoliating
Karena memakai kosmetik dan terkena paparan sinar matahari serta debu, maka Anda tetap membutuhkan membersihkan pori-pori kulit. Lakukan scrub/peeling 2 minggu sekali. Tujuannya adalah membersihkan sisa kotoran dan makeup yang masih tinggal di dalam pori. Dan pastikan Anda melakukannya dengan higienis serta hindari bagian yang sedang meradang.

Memahami kondisi kulit juga tak kalah penting untuk mengatasi kulit berjerawat. Apabila Anda bisa memilih produk yang tepat, dengan penanganan yang tepat pula, maka kulit sehat dan mulus bisa Anda peroleh.

[sumber:http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/29644-3-larangan-bila-kulitmu-berjerawat.html]
[gambar:blogklinik.com]

Loading...

Reply