Cara Mengatasi Duplikat Konten Pada Blogspot

Cara Mengatasi Duplikat Konten Pada Blogspot. Bagi sobat pengguna blogspot mungkin ada yang sedikit dipusingkan dengan pesan duplikat konten yang terdapat di google webmaster tool dan bingung karena tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Sama halnya seperti saya dulu yang juga bingung karena mendapat ratusan pesan duplikat konten pada artikel-artikel di blog saya, sebelum akhirnya saya dapat mengatasi permasalahan tersebut secara tuntas tak berbekas.Sebenarnya permasalahan duplikat konten seperti ini tidak akan berdampak begitu buruk pada blog kita, namun kalau kita dapat mengatasi permasalahan ini akan dapat meningkatkan kualitas blog kita di mata mesin pencari, khususnya google. Nah, kali ini saya ingin mencoba berbagi sedikit mengenai cara mengatasi duplikat konten di blogspot tersebut.

Banyak sekali penyebab terjadinya duplikat konten pada blog berplatform blogspot. Diantaranya adalah duplikat yang terjadi karena halaman arsip, label, pencarian, dan yang paling sering terjadi saat ini adalah duplikat konten karena halaman versi seluler. Halaman arsip adalah sebuah halaman yang berisi daftar postingan yang diurutkan berdasarkan waktu tertentu, halaman label adalah sebuah halaman yang berisi daftar postingan namun diurutkan berdasarkan label tertentu, untuk halaman pencarian juga kurang lebih sama saja seperti arsip dan label yaitu berisi daftar postingan namun diurutkan sesuai dengan kata kunci yang kita ketikkan pada kotak pencarian (kotak pencarian default blogger), sedangkan halaman versi seluler adalah halaman blog kita baik itu homepage maupun poingan namun dengan tampilan yang berbeda yang ditujukan untuk pengunjung yang mengakses blog kita melalui HP.

Nah, jika kesemua halaman-halaman tersebut ikut terindex oleh mesin pencari, maka terjadilah duplikasi konten, karena halaman-halaman tersebut berisi konten yang sama satu dengan yang lainnya, baik itu berupa judul, deskripsi, dll.

Lantas bagaimanakah cara mengatasinya agar tidak terjadi duplikat konten? caranya gampang saja, namun harus disesuaikan dengan penyebabnya, jadi tidak semua duplikat konten dapat diatasi dengan cara yang sama. Ok, langsung saja simak baik-baik caranya berikut ini:

1. Duplikat Konten Karena Halaman Label
Dalam keadaan default sebenarnya halaman label sudah disetting agar tidak terindek oleh mesin pencari, yaitu pada file robots.txt. Namun entah karena salah setting atau gimana, terkadang halaman label tetap saja terindex oleh mesin pencari yang akhirnya menyebabkan duplikat konten. Solusinya, sobat harus memasukan sebuah kode khusus secara manual kedalam template blog sobat.
Silakan sobat tambahkan kode di bawah ini tapat di bawah kode <head> di dalam template blog sobat:

<b:if cond=’data:blog.searchLabel’>
<meta content=’noindex,nofollow’ name=’robots’/>
</b:if>

Kode tersebut adalah sebuah kode meta tag robot seperti pada umumnya, namun diapit oleh kode tag conditional agar hanya tampil pada halaman label saja.

2. Duplikat Konten Karena Halaman Arsip dan Pencarian
Untuk mengatasi duplikat konten yang terjadi karena halaman arsip dan pencarian caranya sangat mudah sekali, tidak perlu memasukan kode-kode khusus, sobat hanya perlu mengatur settingan preferensi penelusuran pada dashboard blog sobat.
Masuk ke dashboard blog sobat, klik blog yang ingin sobat atur, klik setelan, klik Preferensi penelusuran, scroll ke bawah dan Aktifkan tag header robot khusus. Selanjutnya tinggal sesuaikan seperti gambar di bawah ini:

Cara Mengatasi Duplikat Konten Pada Blogspot

3. Duplikat Konten Karena Halaman Versi Seluler
Banyak sekali cara mengatasi duplikat konten yang terjadi karena halaman versi seluler. Sejauh yang saya tahu ada tiga cara, yang pertama menggunakan kode meta tag seperti pada kasus nomor satu, yang kedua menggunakan setingan file robots.txt, dan yang ketiga menggunakan settingan parameter URL pada dashboard Google Webmaster Tool. Disini akan saya jelaskan cara yang pertama dan yang kedua saja, karena untuk cara ketiga agak kurang efektif dan sedikit berisiko.

-Menggunakan Meta Tag Silakan sobat tambahkan kode di bawah ini tapat di bawah kode <head> di dalam template blog sobat:

<b:if cond=’data:blog.isMobile’>
<meta content=’noindex,nofollow’ name=’robots’/>
</b:if>

– Menggunakan Settingan Robots.txt Masuk ke dashboard blog sobat, pilih blog yang ingin sobat atur, klik Setelan, klik Preferensi penelusuran, scroll ke bawah dan aktifkan robots.txt khusus. Selanjutnya tinggal sobat masukan kode robots.txt berikut ini:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: http://www.lintasjari.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Ganti URL blog saya dengan URL blog sobat. Silakan bagi sobat yang ingin blognya terhindar dari masalah duplikat konten bisa terapkan cara di atas, yang udah master nyimak saja juga gak papa hehe. Kesemua cara di atas sudah saya praktekan sendiri dan hasilnya sekarang blog saya sudah tidak mengalami lagi yang namanya duplikat konten. Namun meskipun begitu saya tidak bertanggung jawab jika setelah mempraktekan cara di atas blog sobat hilang dari hasil pencarian atau deindex.

Dan yang paling penting untuk diketahui adalah, setelah menerapkan cara di atas sobat tidak bisa langsung melihat hasilnya, butuh waktu yang lumayan lama karena google perlu mengatur index blog sobat kembali. Blog saya sendiri saja membutuhkan waktu sekitar sebulan lebih sebelum akhirnya terbebas dari masalah duplikat konten.

Mungkin hanya segitu saja yang bisa saya berikan. Bagi yang udah master yang tadi sempet nyimak sekarang tinggal memberikan kritikan atau masukannya di kotak komentar

Leave a Reply