Kurang vitamin D tingkatkan risiko diabetes tipe 1

Kurang vitamin D tingkatkan risiko diabetes tipe 1, Vitamin D sudah sering disebutkan fungsinya dalam menjaga kesehatan tubuh. Kini, penelitian terbaru menyebutkan kalau kekurangan vitamin D juga ternyata mampu meningkatkan risiko serangan diabetes tipe 1 pada orang dewasa.

Kurang vitamin D tingkatkan risiko diabetes tipe 1

Pernyataan tersebut disampaikan oleh peneliti dari Harvard School of Public Health. Hasilnya kemudian dilaporkan dalam American Journal of Epidemiology.

“Penemuan ini cukup mengejutkan karena ternyata penyakit mematikan seperti diabetes tipe 1 sebenarnya bisa dicegah dengan menjaga asupan vitamin D bagi orang dewasa,” papar kepala penulis penelitian, Kassandra Munger, seperti yang dikutip dari Science Daily (04/02).

Diabetes tipe 1 adalah penyakit yang dipicu oleh sistem imun dalam tubuh. Fungsi sistem imun mengalami kerusakan sehingga menyerang sel-sel yang menghasilkan insulin dalam pankreas.

Di seluruh dunia, sekitar satu miliar penduduk memiliki kadar vitamin D yang cukup dalam dirinya. Kekurangan vitamin tersebut pun biasanya ditemukan di semua etnis dan seluruh usia.

Meskipun matahari adalah sumber vitamin D yang paling mudah didapat, tabir surya, pakaian, pigmentasi kulit, dan mendung menghalangi tubuh mendapatkan asupan tersebut. Kemudian sumber lain dari vitamin D adalah makanan, seperti susu dan ikan salmon.

Source