8 Tips merawat rambut panjang anda

LINTASJARI Rambut panjang adalah salah satu aset berharga bagi kecantikan para wanita, meskipun gaya rambut pendek ahir-ahir ini banyak diminati tapi itu tidak mengurangi nilai dari gaya rambut terbaik sepanjang masa ini.

Yang menjadi masalah sekarang adalah perawatan apa yang harus kita lakukan karena secara fisik rambut panjang tentu sangat berbeda dengan rambut pendek.

8 Tips merawat rambut panjang anda

Perawatan yang harus dilakukan pada gaya rambut ini jelas sedikit berbeda jika dibandingkan dengan model rambut yang lainnya, perlu langkah yang tepat agar rambut tetap sehat, subur dan tebal serta berkilau.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda ikuti untuk merawat rambut panjang dengan mudah dan cepat.

Masalah yang sering terjadi pada rambut panjang adalah mudah kusut, untuk mengatasinya gunakan sisir bergerigi longgar lalu mulailah menyisir dari pangkal hingga ujung rambut secara perlahan-lahan.
Potonglah secara rutin untuk menghilangkan rambut bercabang pada ujung rambut. Untuk melakukannya potonglah beberapa inchi bagian ahir rambut anda, ini tidak akan mengurangi kepanjangan rambut karena hanya dilakukan 30 hari sekali.
Gunakan air hangat atau dingin saat mencuci kepala dan hindari pemakaian air panas karena dapat menghilangkan kadar kelembaban kulit kepala.
Bila ingin menggunakan shampoo sebagai media untuk mencuci rambut anda maka pastikan sebelumnya bahwa shampoo yang akan anda pakai mengandung ekstrak alami dan tidak mengandung bahan berbahaya seperti deterjen dan lainnya.
Jangan gosok rambut dengan handuk karena akan menghilangkan kelembutan rambut. Hal ini juga dapat menyebabkan rambut kusut.
Setelah rambut anda selesai dicuci jangan langsung menyisirnya, biarkan dulu sampai rambut anda setengah kering lalu mulailah menyisir dengan perlahan. Perlu anda ketahui bahwa akar rambut berada dalam keadaan yang sangat rapuh saat dalam keadaan basah. Jadi perlakukan rambut sehalus mungkin saat basah.
Jangan gunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya, sebagai gantinya anda dapat menggunakan bahan alami sebagai media perawatan rambut panjang.
Lakukan pola makan sehat agar tubuh dan rambut senantiasa mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi yang cukup setiap harinya.
Salah satu tips merawat rambut panjang yang tidak kalah penting adalah penggunaan hair dryer, jika anda menggunakan alat ini untuk mengeringkan rambut anda maka perlu diperhatikan jenis hair dryer yang cocok bagi anda.