Istilah-Istilah Dasar Dalam Microsoft Excel

Istilah-Istilah Dasar Dalam Microsoft Excel. Microsoft Excel merupakan salah satu program dalam Microsoft Office yang sangat populer. Untuk keperluan penghitungan data penggunaan Microsoft Exel memang dapat diandalkan. Namun, untuk menjalankan program Microsoft Exel tidak semudah yang kita bayangkan. Oleh karena itu, dalam postingan kali ini saya mencoba share mengenai Istilah-Istilah Dasar Dalam Microsoft Exel antara lain yaitu:

Istilah-Istilah Dasar Dalam Microsoft Excel

  • Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5.
  • Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
  • Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256).
  • Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapat aksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 ? range mulai dari cell A4 sampai cell D6.
  • Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain. Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6.
  • Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah. Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7.
  • Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5.
  • Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar. Contoh : Holla nama lain range A5:G7.

Sekian postingan kali inin semoga artikel dengan judul Istilah-Istilah Dasar Dalam Microsoft Exel semoga dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang belajar Microsoft Exel.