Strategi Pembelajaran TV Commercial Bermuatan Karakter

Strategi Pembelajaran TV Commercial Bermuatan Karakter. TV Commercial adalah metode atau strategi pembelajaran dalam active learning dengan cara mengemas materi pembelajaran sesulit apapun mejadi bahasa “iklan komersil” semudah mungkin. Misalnya, peserta didik di minta membuat kalimat iklan komersil tentang mata pelajaran tertentu. Sekedar contoh, “Belajar Pendidikan Kewarganegaraan membangkitkan jiwa muda berkarakter”; “Belajar Matematika se-asik minum Fanta”. Nilai karakter inti dari strategi pembelajaran TV commercial adalah kreatif dan komunikatif yang mengandung unsur inovatif tinggi. Disamping itu, TV commercial juga mengandung nilai karakter kepedulian lingkungan.

Langkah-langkah TV commercial

  1. Bagilah kelas ke dalam kelompok-kelompok kecil yang tidak lebih dari 4-6 peserta didik.
  2. Mintalah kelompok tersebut membuat iklan TV dalam waktu 30 detik yang mencerminkan inti pembelajaran sebagaimana dicontohkan di atas.
  3. Iklan hendaknya berisi sebuah slogan atau visualisasi (misalnya, kata-kata imajikatif dan gambar-gambar animasi kreatif), atau bahkan bisa gabungan keduanya, yakni slogan yang divisualisasikan dengan animasi-animasi kreatif. Akan lebih baik jika kalimat-kalimat iklan tersebut berisi rumus-rumus penting yang paling sering digunakan dalam memecahkan soal-soal kimia atau pelajaran yang lain. Misalnya, “Ingat air mengalir, ingat Archimedes”. Iklan ini merupakan salah satu cara untuk mengingatkan peserta didik mengenai hukum archimedes yang menyatakan bahwa “air mengalir selalu ke bagian yang paling bawah”.
  4. Jelaskan bahwa konsep umum atau outline iklan tersebut sesuai dengan maksud yang dituju. Namun jika tim ingin memerankan iklannya, hal tersebut baik juga.
  5. Sebelum masing-masing tim mulai memecahkan iklannya, maka diskusikan karakteristik dari beberapa iklan yang saat ini terkenal untuk merangsang kreatifitas (misalnya penggunaan sebuah kepribadian terkenal, humor, perbandingan terhadap persaingan, daya tarik musik dan sejenisnya).
  6. Mintalah masing-masing tim untuk menyampaikan ide-idenya. Pujilah kreatifitas setiap peserta didik.

Variasi pengembangan Strategi Pembelajaran TV Commercial Bermuatan Karakter tersebut adalah:

  1. Mintalah setiap tim menciptakan iklan-iklan cetakan sebagai pengganti iklan-iklan TV. Jika memungkinkan, suruhlah mereka benar-benar membuat iklan dalam video tape recorder.
  2. Undanglah setiap tim agar mengiklankan bakat atau sekolah mereka.

Demikian pembahasan kita pada kesempatan kali ini dengan judul Strategi Pembelajaran TV Commercial Bermuatan Karakter, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran, silahkan berkomentar?

Sumber rujukan: Suyadi. 2013. Strategi Pemebelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. hal 42-43

Baca juga:
#Cara belajar efektif dan efisien

Leave a Reply