Jangan Sampai Jadi Mahasiswa Salah Jurusan

Jangan Sampai Jadi Mahasiswa Salah Jurusan. Pendaftaran masuk kuliah melalui SNMTN sudah dimulai. Banyak tersedia beragam jurusan di seluruh universitas baik negeri atau pun swasta yang siap dipilih oleh calon mahasiswa sebagai pembeli produk pendidikan. Keberhasilan dan kesuksesan di masa mendatang dalam karir ada nilai sumbangsihnya yang ditentukan oleh ketepatan dalam memilih jurusan saat kuliah nanti. Jangan sampai salah dalam memilih jurusan semisal hanya ikut-ikutan teman saja tanpa mempertimbangkan segala halnya. Pasti semuanya tidak mau kan menjadi mahasiswa salah jurusan?

Jangan Sampai Jadi Mahasiswa Salah Jurusan

Jurusan yang di ada di perguruan tinggi atau universitas pastilah telah diramu sedemikian rupa oleh operator pendidikan di instansi tersebut dengan mempertimbangkan ini itu, perkembangan karir lulusan di masa mendatang, input dan output yang diharapakan dan lain sebagainya. Ada jurusan yang dulu menjadi favorit kemudian hilang tidak laku kembali dan kemudian muncul kembali lagi tidak lebih itu karena pasar kerja yang juga terus berubah.

Dengan pasar kerja yang terus berubah, maka pemilihan jurusan kuliah yang tepat agar menghindari menjadi mahasiswa salah jurusan sangatlah perlu dilakukan dengan banyak pertimbangan. Sebagaimana ditulis oleh Alicia Kosasih, kandidat BSBA Boston University di bidang Manajemen Teknologi dan Operasi, dalam Indonesia Mengglobal setidaknya ada 5 hal yang perlu diperhatikan masak-masak ketika memilih jurusan.

1. Passion

Passion menjadi urutan pertama yang harus menjadi pertimbangan bagi siswa lulusan SMA yang baru saja menikmati kelulusannya untuk melangkah ke jenjang perkuliahan. Seringkali di sini terjadi benturan antara passion diri sendiri dengan keinginan orang tua. Untuk itu coba bayangkan dan kemudian jelaskan dengan baik pada orang tua ketika kamu harus stuck kuliah di jurusan yang sama sekali tidak disukai dan diminati selama empat tahun! Isn’t that a torture? Tentunya itu bukan sesuatu yang mau kamu alami di masa-masa kuliah. Waktu kuliah akan sama sekali jadi ngga menarik kalau kamu melakukannya karena terpaksa.

2. Talent

Sekarang rujuklah pada diri kalian semua, talenta dan keahlian apa yang ada kalian bisa selama sekolah di SMA atau pun kegiatan yang ada di luar sekolah. Meskipun proses kuliah merupakan proses belajar, namun bila keterampilan dan keahlian yang dimiliki sekarang berkaitan dengan jurusan yang dipilih maka hal itu sangatlah membantu sekali. Tugas dengan mudah dikerjakan dan tidak akan keteteran. Catat talenta, keterampilan dan keahlian kalian dan temukan jurusan yang sesuai.

3. Motivation

Motivasi kuliah dijurusan yang dipilih dapat berdasar pada keterampilan dan keahlian serta arah yang jelas ketika sudah lulus kuliah nantinya. Amatilah bahwa motivasi kalian untuk memilih jurusan kuliah itu apakah kalian telah mendasarkan hal-hal tersebut. Persoalan lain yang berkaitan dengan motivasi adalah seringkali mereka para mahasiswa salah jurusan itu terlarut oleh opini publik mengenai jurusan tertentu tanpa mempertimbangkan kembali matang-matang. Ketika motivasi telah hilang dan merasa salah jurusan, itu dapat dikatakan sebagai ‘bencana’.

4. Personal

ValueNilia-nilai pribadi dalam memilih jurusan kuliah dapat digambarkan seperti ini: Kuliah di jurusan teknik sipil dan kemudian bekerja di perusahaan konstruksi, suatu saat mendapat proyek untuk pembangunan bangunan komersil di wilayah berpenduduk miskin dan kumuh, ditugasi untuk mengurus persoalan lahan. Di situ nilai-nilai pribadi sebagai warga akan menentukan, apakah setia dengan pekerjaannya atau kah bersimpati pada penduduk yang akan kehilangan tempat tinggalnya.

5. Future Expectations & Realities

Pertimbangan ini menjadi suatu yang agak sulit, karena berkaitan dengan perekonomian makro yang tidak hanya terjadi di suatu wilayah, namun juga dapat dipengaruhi dari perekonomian dunia. Meskipun sulit untuk dilakukan, setidaknya kita dapat mempertimbangkan potensi lulusan dan ketersediaan lapangan pekerjaan nantinya.

Mungkin tidak terbatas pada lima checklist bagi lulusan SMA dalam memilih jurusan kuliah nanti, pertimbangan lain juga patut untuk ditambahkan. Setidaknya hal prinsip di atas membantu kalian dalam menentukan jurusan yang diminati dan sesuai dengan keterampilan yang dimiliki serta potensial di masa mendatang.

Leave a Reply