Tanda Wajah Alergi Pada Produk Kosmetik

Tanda Wajah Alergi Pada Produk Kosmetik

Lintasjari.com – Alergi pada kosmetik itu seperti apa seringkali orang malah tidak tahu dan tidak sadar. Tiba-tiba saja kondisi kulit menjadi parah dan menderita peradangan. Well, hal ini mungkin saja terjadi apabila Anda kurang mengerti akan kondisi kulit Anda.

Sebenarnya reaksi energi bisa Anda ketahui sejak dini. Bahkan beberapa saat saja setelah mengaplikasikan produk kosmetik yang Anda pakai. Tidak memungkiri bahwa beberapa merk terkenal juga bisa membuat Anda alergi karena ada salah satu bahan yang kulit Anda tidak tahan.

Umumnya, tanda-tanda apabila Anda alergi pada suatu produk adalah:

1. kemerahan
Tanda pertama yang biasa muncul saat kulit alergi pada kosmetik adalah kemerahan. Dan bahkan tidak harus menunggu waktu yang lama, karena reaksi ini bisa muncul dalam hitungan menit.

Pertama kali swatch produk pada kulit Anda akan merasa sedikit gatal atau panas, kemudian tanda itu diperkuat dengan kemerahan pada kulit. Nah kalau sudah seperti ini Anda harus mengetahui bahwa ada kandungan pada kosmetik itu yang Anda tidak cocok. Hentikan pemakaian dan jangan diteruskan.

2. Bengkak diarea kelopak mata
Umumnya reaksi ini ditunjukkan saat mengaplikasikan kosmetik di area kelopak mata. Entah itu eyeliner, eyeshadow, atau maskara, yang dapat menyebabkan bagian kulit di sekitar mata bengkak.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa bengkaknya akan muncul di tempat lain apabila produk yang Anda gunakan berbeda.

3. Problem mata
Biasanya reaksi ini ditunjukkan apabila Anda tidak cocok pada eyeliner atau maskara. Anda akan merasakan mata gatal, kemerahan, seringkali meneteskan air mata, serta kelopak mata terasa tebal. Di beberapa kondisi Anda juga menjadi sensitif terhadap sinar lampu sehingga pusing atau sakit kepala akan mengikuti.

Solusi dan cara mencegah jika anda terkena alergi pada kosmetik

  1. Pastikan Anda menghentikan pemakaian produk dan cermati bahan apa yang kemungkinan menyebabkan alergi
  2. Hindari membeli produk abal-abal yang tidak jelas kandungannya karena tanda alergi akan lebih mudah terlihat
  3. Bersihkan terlebih dahulu kulit wajah saat akan memakai makeup
  4. Ganti selalu alat makeup setiap 3-6 bulan dan cuci setiap minggunya agar tetap bersih
  5. Jangan menggosok, menggaruk, memakai scrub atau lulur atau juga masker pada kulit yang mengalami alergi

Jika tanda alergi tidak hilang dalam 2×24 jam maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter dan meminta pertolongannya. Umumnya Anda akan diberi obat minum atau krim/salep untuk meredakan gejala alergi.
Baca Juga:

[sumber:http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/35942-tanda-anda-alergi-pada-kosmetik.html]

Loading...

Leave a Reply