no comments

5 Cara Makan Gorengan yang Sehat

Tradisi jajan sudah sangat melekat pada masyarakat Indonesia. Dari anak kecil hingga orang dewasa sering membeli makanan kecil untuk iseng dikonsumsi sambil bersantai bersaam keluarga atau menonton televisi. Dalam memilih jajanan banyak yang harus kita perhatikan, supaya jajanan yang kita beli tidak hanya enak untuk dimakan tetapi juga menyehatkan dan tidak menimbulkan penyakit.

Jajanan yang sangat akrab di kalangan masyarakat Indonesia salah satunya yaitu gorengan. Jajanan ini digemari karena rasanya enak, harga terjangkau, dan mudah didapatkan. Di pinggir jalan mana saja mudah kita temui penjaja makanan ini.

Tapi mungkin Anda sudah bosan juga dengar pendapat betapa kurang menyehatkannya hidangan gorengan. Dari bahaya kolesterol, potensi penyumbatan pembuluh darah, bahkan kegemukan.

Tidak perlu khawatir lebih jauh, berikut ini ada 5 cara makan gorengan yang aman untuk kesehatan Anda. Pertama, Anda harus tahu dulu prinsip beli gorengan.

1. Prinsip Beli Gorengan

gorengan sehat Saat Anda akan membeli gorengan, perhatikanlah kebersihan dari pembuatan panganan ini dan lokasi tempat berjualannya.

Makanan yang dijajakan di pingir jalan tentu sudah terkontaminasi polusi dari asap kendaraan yang lewat. Debu-debu di jalanan juga dapat mengotori makanan yang dijual.

Jadi kesimpulan prinsip membeli gorengan adalah kebersihan.

Namun selain itu ada hal lainnya yang secara prinsip harus Anda camkan baik-baik, yakni Anda harus mempercayai pedagang gorengannya.

2. Pastikan Anda Percaya Pada Pedagang Gorengan Favorit Anda

Mungkin Anda juga belum lupa bahwa beberapa saat yang lalu sempat santer terdengar bahwa ada beberapa pedagang gorengan nakal yang mencampurkan minyak yang digunakan untuk menggoreng dagangannya dengan kantong plastik.

Kantong plastik langsung dimasukkan ke dalam minyak panas sehingga plastik meleleh dan ikut tercampur bersama minyak dan makanan. Hal ini dimaksudkan untuk membuat hasil gorengan menjadi lebih crispy. Namun mereka tidak memperhatikan bahwa hal tersebut berbahaya untuk kesehatan konsumen.

Plastik mengandung zat bernama melamin yang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia. Konsumsi melamin dapat menyebabkan pembentukan Kristal-kristal di ginjal yang dapat menyebabkan penyakit batu saluran kemih atau batu ginjal yang dapat berlanjut menjadi gagal ginjal hingga kematian.

3. Jika Anda Memiliki Riwayat Kolesterol, Jangan Makan Gorengan

Selain bahaya makanan terkontaminasi kotoran dan bahaya melamin, minyak yang sudah digunakan berkali-kali untuk menggoreng dapat menimbulkan tingginya kadar kolesterol pada makanan tersebut, sehingga bagi Anda dengan riwayat kolesterol tinggi harus membatasi jumlah yang dikonsumsi.

Boleh jadi minyak goreng yang dipakai penjual diklaim pada program iklannya tanpa kolesterol, walau memang benar adanya, namun ironisnya kolesterol itu justru bentukan kemudiannya minyak goreng yang disantap setelah melalui proses pencernaan di tubuh kita.

Kesimpulannya, batasi makan gorengan Anda. Tapi lain halnya jika Anda sedang usaha menurunkan berat badan. Berikut ini ada trik aman makan gorengan buat yang sedang berdiet.

4. Jika Anda Sedang Diet, Jangan Makan Gorengan

Minyak yang digunakan besar potensinya mudah menimbun menjadi lemak di tubuh. Dengan demikian Anda akan semakin kesulitan menurunkan berat badan jika kudapan selingan Anda masih ditemani gorengan nikmat nan berminyak.

Nah, jangan coba-coba sentuh gorengan jika Anda sedang program menurunkan berat badan. Namun jika memang terpaksa, cobalah mengkompensasikannya dengan meningkatkan aktivitas olahraga cardio, seperti jogging, lari, berenang dan lainnya.

Berikutnya, adalah trik makan gorengan bagi orang yang gemar makan gorengan ditemani kopi dan rokok.

5. Jika Gorengan adalah Kesukaan Anda Kurangi Rokok, Kopi dan Mulai Giatlah Berolahraga

Konon katanya teman gorengan paling sedap adalah rokok dan kopi. Tapi ironisnya, konsekuensinya tidak sesedap rasanya. Pasalnya gorengan yang memiliki kadar minyak dan berisiko menjadi kolesterol di dalam tubuh sudah menjadi potensi risiko penyumbatan pembuluh darah.

Jika Anda mengkombinasikan rokok dan kopi, maka lengkaplah risiko penyumbatan lebih mudah terjadi. Rokok dikenal sebagai pencetus kerusakan dinding pembuluh darah yang memudahkan terjadinya penyumbatan di kemudian waktu, sementara kopi yang mencetus peningkatan tekanan darah lebih lanjut.

Dengan berolahraga, Anda dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah. Selain itu lemak yang tertimbun menjadi berkurang karena pembakaran kalori yang didapat dari peningkatan aktivitas latihan dan olahraga yang ada dari olahraga.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan apa saja yang harus Anda perhatikan saat membeli gorengan? Alangkah lebih baiknya jika Anda membuatnya sendiri di rumah sehingga kebersihan dan kesehatannya akan lebih terjaga. Anda dan keluarga pun tidak perlu takut lagi bila ingin mengkonsumsi gorengan.

Sumber: klikdokter.com

Baca juga:

Reply