no comments

5 Cara Mengatasi Baterai Smartphone yang Susah Di Charge

Cara Mengatasi Baterai Smartphone yang Susah Di Charge – Baterai smartphone cenderung cepat habis lantaran seringnya pengguna menfaatkan fitur data untuk berbagai keperluan. Saat mengalami masalah, bagi yang punya ponsel dengan baterai removeable alias bisa diganti, lebih mudah penangannya. Dengan membeli baterai baru, maka masa masalah teratasi. Namun hal ini tidak berlaku untuk pemilik smartphone yang baterainya non-removable. Perlu biaya lebih tinggi untuk menggantinya.

5-cara-simpel-atasi-smartphone-android-yang-tak-mau-di-charge

Nah, tapi ada cara untuk mengakali baterai non removable yang susah  diisi ulang. Proses charging yang tidak dapat dilakukan, diakali agar bisa menerima input listrik kembali. Dikutip dari laman  Okezone, berikut langkahnya:

1. Lakukan restart.

Biasaya dengan melakukan restart membuat kondisi baterai ponsel pintar kembali normal. Pasalnya bisa jadi pemicu dari susah proses charging akibat dari munculkan error pada sistem. Proses restart mengembalikan sistem untuk beroperasi seperti semula.

2. Cek kabel USB yang dijadikan kabel charge.

Dapat pula masalah susah mengisi baterai akibat dari persoalan kabel penghantar listriknya. Mungkin saja ada rangkaian kabel yang putus di tengah. Cara mengeceknya, coba lakukan charge baterai memakai kabel USB lain. Jika ternyata bisa, maka kemungkinan masalah berasal dari kabel lama yang rusak. Pastikan  membeli kabel USB original untuk menghindari masalah kelistrikan.

3. Periksa power adapter.

Selain kabel, power adapter kerap menjadi masalah dalam pengisian listrik pada baterai. Jika ponsel tidak bisa discharge atau proses charge tidak bisa penuh mengisi daya betarai, ada kemungkinan dipicu kerusakan power adapter.  Untuk mengeceknya bisa menggunakan power adapter lain. Kalau berhasil mengisi secara penuh maka pemicunya adalah power adapter yang lama.

4. Amati port USB.

Port USB turut memegang peran penting saat charge baterai smartphone. Pengujian bisa dilakukan dengan menghubungkan smartphone pada port USB lain yang menjadi sumber listrik.

5. Hubungi service center resmi.

Sebelum memutuskan mengganti, ada baiknya menghubungi service center kalau belum yakin pemicunya adalah baterai. Biasanya pihak service center akan memberikan saran terbaiknya.

Sumber : Sidomi.com

Loading...