no comments

5 Faktor Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

5 Faktor Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah – Kita semua pasti ingin punya wajah cantik dan mulus bebas flek hitam. Hanya saja kadang kemunculan flek hitam itu sering tak pernah kita duga sebelumnya. Padahal tadinya sudah merasa merawat kulit wajah dengan baik, tapi kok flek hitam ini tak kunjung hilang juga.

wajah-bersih

Rupanya ada sejumlah faktor utama yang bisa jadi biang penyebab munculnya flek hitam di wajah. Berikut ini lima penyebab yang sering jadi “tersangka utama” munculnya flek hitam di wajah. Yuk, kita ikuti info lengkapnya di bawa ini, Ladies.

Bekas Jerawat yang Susah Hilang

Pada sejumlah orang, bekas jerawat bisa meninggalkan noda hitam yang sangat sulit hilang. Biasanya bekas ini terjadi jika jerawat tersebut dipecahkan sebelum matang atau mengalami radang. Meski ada beberapa krim yang dapat memudarkan bekas hitam jerawat, tapi kemungkinan bekas itu untuk muncul kembali tetap ada.

Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Jika kamu sering lupa atau jarang memberi perlindungan pada kulit, maka kulitmu akan terkena paparan sinar matahari yang tak aman, termasuk di dalamnya ada sinar UV A dan UV B yang dapat menyebabkan kemunculan flek hitam. Meskipun usiamu masih muda tapi kalau jarang memberi perlindungan pada kulit wajah, flek-flek hitam bisa muncul kapan saja.

Perubahan Hormon dalam Tubuhmu

Perubahan hormon juga bisa membuat perubahan pada kulit Anda. Pada wanita yang sedang hamil misalnya, kadang terjadi perubahan warna kulit atau munculnya flek hitam di kulit wajah. Perubahan ini biasanya wajar dan akan menghilang dengan sendirinya. Jenis obat kontrasepsi tertentu juga bisa menyebabkan munculnya flek hitam. Solusinya ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Faktor Keturunan

Tiap wanita bisa memiliki jenis kulit berbeda. Pada sejumlah wanita, kulit mereka bisa mulus walaupun sudah tua, namun sebagian lain mulai mendapatkan flek hitam di usia muda. Jadi, cobalah untuk melihat kondisi kulit kedua orang tua, terutama ibu. Jika mereka tampak mengalami flek hitam, ada kemungkinan flek hitam juga muncul di kulitmu. Sebagai pencegahannya, kamu bisa menggunakan sunscreen, menghentikan kebiasaan merokok, dan memilih kosmetik yang tepat.

Salah dalam Pemakaian dan Pemilihan Kosmetik

Apakah flek hitam muncul setelah memakai jenis kosmetik baru? Kesalahan pemakaian kosmetik pun ternyata dapat membuat noda hitam di wajah. Sebagai contoh, pemakaian krim pemutih kulit yang berbahaya, tanpa adanya filter di kulit dan kulit yang semakin ‘tipis’, efek buruk sinar mataharinya bisa membuat kulit makin cepat mendapatkan flek hitam. Jadi, cobalah lebih jeli lagi dalam memilih kosmetik yang kamu gunakan, ya Ladies.

Itulah lima faktor umum yang jadi penyebab munculnya flek hitam di wajah. Kalau masalah flek hitam terus mengganggumu dan tak kunjung hilang, coba berkonsultasilah pada dokter kecantikan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber : Vemale