no comments

5 Kesalahan Membuat Lamaran Kerja Bagi Pemula

5 Kesalahan Membuat Lamaran Kerja Bagi Pemula – Pada Era globalisasi juga menandai semakin ketatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan, apalagi bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman. Jumlah lulusan universitas baru yang menjadi pengangguran juga semakin bertambah, sebuah fenomena yang ironis, karena dahulu kita percaya bahwa semakin tinggi pendidikan maka akan semakin gampang untuk memperoleh pekerjaan.

lamaran kerja

Akan tetapi, seperti dilansir dari KRjogja.com, sebelum kita menyalahkan semakin banyaknya saingan dalam mencari kerja, ada baiknya kita juga evaluasi, apakah kita melakukan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan lulusan baru di bawah ini?

1# E-mail lamaran yang tidak jelas

Seiring perkembangan teknologi, mengirim lamaran lewat pos atau langsung datang ke kantornya membawa lamaran memang sudah tidak zaman lagi. Kebanyakan lamaran dikirimkan melalu email ataupun website perusahaan bersangkutan. Nah, biasanya kesalahan terjadi ketika kita menulis e-mail lamaran.

Pertama-tama, perhatikan nama email kita, apakah masih alay? Beberapa staf HR biasanya akan langsung malas ketika melihat nama e-mail kita seperti imoetzzbangetsszt13. Buatlah alamat email resmi dengan nama kita sendiri untuk melamar kerja.

Yang kedua, perhatikan subjek dan body e-mail. Pada subjek, jangan hanya tulis “Lamaran Pekerjaan”, tapi tulis secara detail posisi yang anda lamar. Kemudian yang paling penting tentu saja jangan hanya meninggalkan body e-mail kosong dan hanya attach CV anda.

Tulis surat motivasi di body email dengan lengkap, dengan isi seperti darimana anda mendapat informasi tentang lowongan ini, kenapa anda pantas mendapatkan posisi ini, dan lain-lain.

2# CV yang membosankan

Jangan merasa cukup dengan CV yang hanya diketik di Microsoft Word, buatlah CV anda semenarik mungkin tanpa terlihat berlebihan–kalau bisa, mintalah teman anda yang jago design untuk memperindahnya. Ingat, setiap hari, staf rekrutmen perusahaan menerima ratusan bahkan ribuan CV untuk satu posisi saja. Jadikan kelebihan-kelebihan serta ketertarikan anda fokus dari CV itu, sehingga perusahaan akan lebih gampang menilai.

Hindari pula mengirimkan CV yang sama untuk semua pekerjaan yang anda lamar. Ini bukan masalah desain, tetapi untuk setiap posisi yang anda lamar, buatlah sedemikian rupa sehingga menonjolkan kelebihan serta prestasi anda sesuai ketentuan untuk posisi yang anda lamar.

3# Kurang persiapan saat interview

Jangan sampai pada saat interview, kita hanya bawa badan saja. Penampilan saat interview memang sangat penting, tapi apa yang ada di dalam kepala anda juga tidak kalah pentingnya. Kebanyakan lulusan baru biasanya mengira interview hanya akan tentang dirinya dan kurang tahu soal posisi yang dia lamar serta perusahaan secara lengkap.

Padahal, pengetahuan soal perusahaan akan menunjukkan bahwa kita sangat bersemangat untuk mendapatkan pekerjaan ini. Kurang tahu soal posisi serta perusahaan yang dilamar akan membuat HR berpikir bahwa kita tidak serius untuk bekerja di perusahaan tersebut.

4# Mempunyai ekspektasi terlalu tinggi

Lulusan baru biasanya mempunyai ekspektasi tinggi, ingin mendapat posisi pekerjaan yang terbaik di perusahaan besar dan mendapat gaji tinggi. Mempunyai target memang tidak ada salahnya, tetapi pada masa sulit mencari kerja seperti ini, tidak rugi juga untuk menjadi realistis dan mencari pekerjaan ‘lapangan’ dimana kita bisa belajar banyak hal dan bertemu banyak orang, membangun jaringan yang baik untuk masa depan.

5# Kurang aktif di internet

Beberapa perusahaan, selain mempelajari CV anda, biasanya juga akan mencari tahu lebih lanjut tentang kepribadian anda lewat media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Apabila mereka tidak menemukan anda di internet, kemungkinan mereka akan menganggap anda kurang update tentang kemajuan teknologi.

Apalagi, banyak posisi pekerjaan sekarang mengharuskan anda untuk aktif menggunakan internet. Sementara itu, bagi anda yang sudah aktif di sosial media, hati-hati dan bersihkan sosmed anda dari hal-hal memalukan yang tidak ingin anda tunjukkan ke perusahaan yang anda lamar.

Sumber : Okezone

Loading...