no comments

5 Makanan Yang Membuat Anda Merasa Lebih Bahagia

MAKANAN-UNTUK-BAHAGIA

Berbagai keadaan seperti putus cinta, dimarahi dosen, pekerjaan yang menumpuk ataupun masalah lainnya bisa membuat mood Anda menurun. Untuk mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan makan. Hal ini berdasarkan suatu teori bahwa makanan tertentu dapat mengubah struktur otak (zat kimia otak dan psikologisnya) yang dapat menyebabkan perubahan perilaku.

Seperti misalnya neurotransmiter, yaitu sebuah zat kimia otak yang bermanfaat dalam mengatur emosi seseorang. Emosi positif dan negatif seperti senang, tertawa, nyaman, cemas, marah dan depresi terkait dengan fungsi neurotransmiter ini.

Nah, proses keseimbangan neurotransmiter inilah yang bisa dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Salah satu neurotransmiter yang bisa menjaga suasana hati tetap baik adalah serotonin. Beberapa makanan yang mengandung lemak omega-3, karbohidrat, magnesium, asam folat, makanan rendah asam glisemik, dan vitamin B12 dipercaya dapat mengubah suasana hati buruk menjadi lebih baik.

Banyak orang yang melampiaskan kelelahan, kemarahan dan kebosanannya dengan cara memperbanyak makan junk food dan jenis cemilan ringan. Tapi tahukah Anda, jenis makanan tersebut memang bisa membuat hati Anda merasa lebih baik, tapi dilain sisi akan berdampak buruk pada kesehatan Anda.

So, Anda perlu memilah makanan yang tidak hanya bisa merubah suasana hati tapi juga baik bagi kesehatan. Beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk mengembalikan mood tanpa harus merusak kesehatan, simak di bawah ini.

1. Bayam dan sayuran hijau

Berbagai sayuran hijau seperti bayam mengandung vitamin B dan azam folat yang dapat meningkatkan neurotransmitter serotonin untuk meningkatkan emosi positif Anda. Asam amino dalam sayuran hijau merupakan pembentuk norepinephrine dan dopamine yang keduanya meningkatkan energi, kewaspadaan dan meningkatkan mood saat bersama-sama. Selain mendapatkan suasana hati yang baik, tentu saja sayuran hijau juga sangat baik terhadap kesehatan Anda.

2. Dark chocolate

Coklat yang selama ini dikenal sebagai makanan favorit para wanita ternyata bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Coklat dapat memicu hormon serotonin dan endorphin di otak yang membuat Anda merasa senang. Selain itu, coklat juga mengandung tryptophan yang merupakan zat yang membantu mengurangi gejala depresi.

Salah satu jenis coklat, dark chocolate adalah coklat yang paling ampuh mengembalikan mood. Jenis coklat ini mengandung senyawa yang dalam waktu singkat akan mengurangi tingkat hormon stress dalam tubuh. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa coklat susu akan meningkatkan daya fungsi otak.

3. Buah alpukat

Selain beberapa makanan sebelumnya, alpukat juga dipercaya mampu mengubah mood seseorang menjadi lebih baik. Alpukat mengandung asam folat yang bisa meredakan stress dan suasana hati yang kurang baik.

Asam folat juga mengurangi rasa cemas dan ketakutan pada diri seseorang. Lemak baik dalam buah alpukat jika dikomsumsi secara teratur juga dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah. Anda bisa memanfaatkannya dengan dimakan langsung atau jus.

4. Cabai dan makanan pedas

Cabai bisa merubah suasana hati menjadi lebih baik karena cabai bisa meningkatkan level endorphin dan serotonin yang memberi perasaan nyaman dan bahagia. Selain itu, menurut beberapa penelitian orang yang rutin mengkomsumsi makanan pedas lebih mudah tidur nyenyak dan mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.

Untuk kesehatan, cabai dipercaya mampu mempercepat metabolisme tubuh, menyehatkan jantung, menurutkan berat badan, menghilangkan nyeri dan meredakan sakit tenggorokan. Meskipun begitu, sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengkomsumsi cabai karena tidak mustahil juga berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Nutrisi dan vitamin D dalam biji-bijian juga bisa meningkatkan hormon serotonin yang bisa memicu rasa bahagia. Sebaliknya, kekurangan vitamin D bisa meningkatkan depresi dan suasana yang tidak baik. Selain biji-bijian, kacang-kacangan juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas mood seseorang.

Kandungan kacang seperti protein, mineral, lemak omega-3, antioksidan dan vitamin E dapat mengurangi rasa lelah seseorang sehingga mereka akan semangat kembali. Menurut American Journal of Epidemiology, kacang mengandung lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga tidak hanya untuk membuat bahagia tapi juga sangat baik untuk kesehatan.

Sumber: doktercantik.com

Loading...