no comments

6 Cara Untuk Dapat bangkit Dari Kegagalan Dalam Bisnis

Ada hal penting yang bisa dipelajari dari beberapa CEO sukses dunia seperti Elon Musk dan almarhum Steve Jobs. Tetapi kadang-kadang kesuksesan mereka terlihat sulit untuk dijangkau, khususnya bagi seorang pengusaha yang baru memulai bisnisnya. Berikut adalah ulasan menarik dari entrepreneur.com tentang apa saja yang bisa dipelajari oleh seorang entrepreneur dari kegagalan yang dialaminya.

Bangkit dari bisnis yang gagal

1. Belajarlah untuk melakukan validasi ide produk dengan pelanggan

Seorang entrepreneur sering kali gagal dalam memvalidasi ide produk startup mereka dengan pelanggan. Ini adalah kesalahan besar yang kerap dilakukan oleh sebagian orang saat meluncurkan startup pertama mereka. Bagaimana mungkin produk Anda akan laku, jika tak seorang pun membutuhkan produk Anda.

2. Memahami pentingnya pendiri, mitra, dan anggita tim.

Entrepreneur yang sukses di bidangnya tentu tahu bahwa dia tidak bisa melakukannya semuanya sendiri. Ada beberapa hal yang berada di luar kemampuannya. Jadi, sangat penting untuk memiliki mitra yang tepat dan anggota tim yang kompeten dan solid.

3. Berusaha untuk menjadi lebih agresif.

Kebanyakan orang mungkin merasa tidak nyaman ketika harus berhadapan dengan seorang salesman/girl yang terlihat agresif. Tetapi mereka yang ingin bisnis mereka berhasil, harus menjadi sangat agresif untuk itu. Tanpa dorongan besar, kebanyakan bisnis baru akan gagal.

4. Mempertahankan visi jangka panjang

Sebagian besar entrepreneur menyadari bahwa mereka membutuhkan visi jangka panjang untuk membuat startup mereka sukses. Untuk sukses, seorang pengusaha harus terus mengingat tujuan jangka panjangnya seperti ketika dia ingin mencoba mengembangkan bisnisnya di kalangan masyarakat daerahnya. Dia sebaiknya melakukannya secara total, sebelum memutuskan untuk memulai jaringan baru di daerah lain.

5. Membuat produk yang unik

Berhati-hatilah, jika Anda memutuskan untuk menyalin startup orang lain. Startup Anda mungkin tidak sebaik aslinya, dan kemungkinan besar pelanggan tidak begitu tertarik pada produk Anda karena itu bukan konsep baru. Cap Watkin, seorang desainer di Etsy, mengatakan: “Yang harus dibangun itu produk Anda, bukan produk orang lain.”

Menurutnya, produk paling sukses adalah produk yang dapat mengeksekusi visi yang sejalan dengan tujuan produk dan pelanggannya.

6. Mencoba mencari investor yang tepat

Seorang pengusaha harus menemukan investor yang tepat untuk menyukseskan startupnya, kecuali jika dia sudah kaya sejak awal. Sebuah startup akan sukses, jika seorang entrepreneur bisa bekerja dengan investor yang memiliki tujuan dan filosofi yang sama dengannya. Selain memberi dukungan penuh dalam finansial, Anda juga harus mencari seorang investor yang dapat memberi saran positif tentang bagaimana cara membuat perusahaan menjadi lebih terorganisir.

Sumber: merdeka.com

Loading...

Reply