no comments

6 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone Android

6 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone Android – Smartphone sekarang ini tidak lagi menjadi barang mewah, terlebih lagi banyaknya jenis smartphone yang sekarang ini beredar dengan harga yang cukup murah. Ada kalanya kita menginkan smartphone baru yang beredar namun terkendala masih memiliki smartphone yang masih bisa digunakan. Nah biasanya ada akan menjual semarphone yang lama anda dan akan membeli yang baru dengan sedikit tambahan harga. Bagi anda yang ingin menjual smartphone dan menukarkan dengan yang baru anda perlu perhatikan beberapa hal yang sangat berguna bagi anda.

smartphone android

Berikut ini 6 tips sebelum menjual smartphone android yang perlu anda lakukan agar tidak menyesal dikemudian hari.

1.Keluarkan Kartu SIM dan MicroSD
Kedua kartu ini adalah data yang paling penting pada smartphone Android kamu, sehingga jika ingin berganti ponsel jangan lupa mengeluarkan kartu SIM dan MicroSD di dalamnya ya.

Mengapa keduanya penting? Pertama, SIM card kamu menyimpan berbagai nomor telepon yang bisa dihubungi. Selain itu, kartu SIM juga terhubung dengan paket data yang akan dibutuhkan untuk smartphone baru.

Sedangkan MicroSD card juga termasuk penting karena mengandung informasi penting di dalamnya seperti foto-foto, musik, dan lain-lain.

2. Backup Data
Jika smartphone kamu terkoneksi dengan akun Google, maka baik kontak, kalender, dan email bisa langsung di-backup melalui cloud. Karenanya, jika kamu memasukkan email Google ke smartphone baru, data dari smartphone lama akan langsung masuk.

Telah banyak perusahaan yang menawarkan layanan cloud untuk mem-backup kontak dan kalender. Banyak pula ruang penyimpanan berbasis cloud yang disediakan oleh perusahaan seperti Google Drive atau perusahaan pihak ketiga seperti Flickr dan Dropbox.

Tetapi, jika kamu tak suka menyimpan data dengan cloud, backup bisa dilakuan secara manual yakni dengan menghubungkan kabel USB ke ruang penyimpanan laptop atau hard disk.

3. Factory Reset
Ketika data pada smartphone kamu sudah benar-benar aman, pastikan untuk membersihkan seluruh data yang tertinggal di smartphone. Caranya dengan melakukan Factory Reset. Pengaturan factory reset ini dapat dilakukan dengan masuk ke menu Setting pada smartphone, kemudian pilih Backup and Reset. Lalu, pilih Factory Reset.

4. Kumpulkan Aksesoris Original dan Pihak Ketiga
Jika smartphone kamu telah bersih, jangan lupa untuk mengumpulkan aksesoris-aksesoris bawaan (original) maupun yang dibeli terpisah.

Jika kamu masih memiliki boks, nota penjualan, garansi, kabel USB original, pengisi daya, maupun headset sertakan dalam boks untuk dijual.

5. Bersihkan Smartphone dan Ambil Gambar
Setelah smartphone dibersihkan dengan kain microfiber, persiapkan juga untuk mengambil gambar dengan kamera yang tepat.

Prioritas utama dalam mengambil gambar adalah pencahayaan yang baik. Pastikan agar smartphone kamu tidak terpantul lampu. Kamu juga bisa menempatkan smartphone di kain putih sebagai background agar hasil foto makin menarik.

Baca juga : Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

6. Jual Smartphone Bekas
Jika kamu telah melakukan seluruh langkah di atas, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah menemukan tempat menjualnya, misalnya toko online yang terpercaya.

cukup mudah bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sudah tidak perlu was-was lagi saat hendak berganti smartphone?

Sumber: liputan6.com