no comments

6 Manfaat Mandi Pakai Air Dingin

6 Manfaat Mandi Pakai Air Dingin

Mana yang lebih baik: mandi dengan air panas atau dingin? Keduanya memiliki manfaat tersendiri. Khusus untuk mandi dengan air dingin, ada berbagai efek bagi kesehatan tubuh yang dapat diperoleh. Jika dikatakan bahwa mandi dengan air dingin bisa menyebabkan flu, pneumonia, atau nyeri sendi, maka hal itu mitos.

Dikutip dari laman Boldsky, berikut manfaat mandi air dingin:

  1. Meningkatkan konsentrasi. Air dingin yang kena tubuh akan meningkatkan denyut jantung dan darah terpompa ke seluruh tubuh. Energi tubuh meningkat dan diiringi dengan membaiknya tingkat kewaspadaan maupun konsentrasi otak.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh dan sirkulasi darah. Mandi air dingin akan melancarkan aliran darah yang pada ahirnya menurunkan tekanannya. Sumbatan pembuluh darah dapat berkurang sehingga kerja sirkulasi darah lebih efisien. Inilah moda awal untuk membaiknya kekebalan tubuh.
  3. Mempertahankan kelembaban kulit. Air dingin cenderung mengencangkan pori-pori dan menghindarkan kulit dari menurunnya kelembaban. Hal ini berbeda dengan mandi air panas yang cenderung membuat kulit menjadi kering.
  4. Meningkatkan metabolisme tubuh. Mandi air dingin membantu mengatur suhu tubuh ke yang memengaruhi metabolisme. Metabolisme yang meningkat akan menghasilkan energi. Tidak heran jika orang yang mandi air dingin mendapati tubuhnya lebih segar dan bertenaga.
  5. Menurunkan depresi. Air dingin yang kena tubuh akan memberikan efek pada reseptor kulit. Resepto akan mengirim impuls listrik dari saraf perifer menuju otak yang menghasilkan efek menurunkan tekanan pikiran atau depresi.
  6. Menurunkan peradangan. Mandi air dingin membantu perbaikan pada otot dan tendon yang mengalami peradangan saat kelelahan. Dengan begitu akan terjadi pemulihan.

Sumber: sidomi.com

Loading...

Reply