Tips Ampuh Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

Tips Ampuh Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa – Bau mulut yang biasanya dialami orang yang puasa bisa diatasi dengan membersihkan gigi dan mulut, serta berkumur dengan obat kumur. Selain itu, perlu mengobati penyakit dasar, seperti penyakit pada gusi, gigi berlubang, atau kerusakan gigi yang berat, serta penyakit lambung.

Tips Ampuh Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

Bau Mulut

Selain saat berpuasa, bau mulut juga bisa dialami oleh mereka yang melewatkan waktu sarapan atau makan siang atau kurang minum. Untuk menyiasati masalah menyebalkan ini, pastikan kebersihan gigi dan mulut terjaga. Selain menyikat gigi setelah makan, tambahkan berkumur dengan obat kumur atau menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan.

Baca Juga : Tips Agar Tidak Terlambat Makan Sahur

Agar terhindar dari bau mulut saat puasa, ada beberapa tips yang bisa Anda praktikkan, seperti dilansir dari laman liputan6 berikut ini.

1. Minum cukup air saat sahur

Minum air setidaknya dua hingga tiga gelas air sebelum imsak akan membantu mengatasi masalah bau mulut. Jika Anda mendapat asupan air yang cukup, ini tak hanya mencegah mulut kering, melainkan juga mencegah bau mulut. Kesehatan secara keseluruhan pun akan terjaga bila tubuh terhidrasi dengan baik.

2. Menggosok gigi setiap habis makan

Meski sederhana, trik ini cukup ampuh mencegah bakteri di mulut menjadi biang keladi bau mulut. Saat sisa makanan bercampur dengan bakteri mulut, saat itulah bau mulut timbul. Penting untuk menggosok gigi beberapa saat setelah makan sahur atau pun berbuka.

3. Gunakan mouthwash antibakteri

Kekeringan mulut serta kurangnya liur saat puasa Ramadan bisa menjadi penyebab bau mulut. Berkumur dengan mouthwash antibakteri setelah sahur bisa mencegah bau mulut.

4. Bersihkan lidah setidaknya dua kali sehari

Gunakan alat khusus pembersih lidah setidaknya dua kali sehari untuk menyingkirkan sisa makanan yang menempel. Langkah ini akan mencegah bau mulut tentunya.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara mengatasi bau mulut saat puasa, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan puasa anda menjadi lebih nyaman saat berkomunikasi dengan orang lain.