Pengertian, Struktur dan Contoh Teks ulasan

Pengertian, Struktur dan Contoh Teks ulasan – Teks ulasan pada dasarnya dapat kita temukan dalam kehidupan sehari hari kita, dalam jenjang sekolah sendiri, teks ulasan jua dikategorikan sebagai materi formal yang wajib dikuasai oleh murid murid SMA. Sama halnya seperti jenis jenis teks dalam bahasa indonesia yang lain, teks ulasan juga memiliki pengertian, ciri-ciri, struktur dan contoh teks ulasan itu sendiri. Dan contoh teks ulasan tersebut pada dasarnya dapat kita temukan disekitar kita seperti teks ulasan film yang notabennya membahas tentang review baik buruknya sebuah film.

Pengertian, Struktur dan Contoh Teks ulasan

Pengertian teks ulasan sendiri dapat dibagi menjadi dua yakni berdasarkan para ahli dan pengertian secara umum. sedangkan terdapat empat ciri-ciri dan struktur teks ulasan, diantaranya adalah orientasi, tafsiran, evaluasi dan kesimpulan. Sedangkan untuk contohnya, yang menjadi trending pembicaraan di indonesia saat ini adalah contoh teks ulasan film laskar pelangi yang telah dirilis tahun 2008 silam yang telah memikat jutaan pasang mata dan dinobatkan menjadi film terbaik di Indonesia.

Pengertian Teks Ulasan

Teks Ulasan adalah teks yang berisi penilaian, ulasan, resensi atau review terhadap suatu karya seperti film, buku, novel, drama dan lain-lain untuk dijadikan tolak ukur kualitas atau kelebihan serta kekurangan sebuah karya kepada pembaca. Teks ini bertujuan memberikan pengalaman penulis saat membaca atau menonton sebuah karya yang nantinya disampaikan kepada pembaca dalam teks ulasan menggunakan bahasa serta etika yang sopan.

Struktur Teks Ulasan

Teks Ulasan juga memiliki unsur seperti halnya teks-teks lainnya. Struktur yang terdapat dalam teks ulasan meliputi orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Untuk memahami setiap bagian pada struktur teks ulasan berikut penjelasan dari setiap bagian-bagian tersebut.

Orientasi

Orientasi adalah , bagian yang berisi tentang pengenalan tentang nama, kegunaan, latar belakang dan lain-lain sebagai gambaran umum dari sebuah karya yang akan dibahas.

Tafsiran

Pada bagian ini penulis akan mengungkapkan tentang pandangannya terhadap karya yang diulas biasanya dengan membandingkan karya tersebut dengan karya lain yang dinilai serupa.Serta memberikan penilaian tentang kualitas, kelebihan, serta kekurangan dari karya yang diulas tersebut. Dalam bagian ini juga bisa berisi gambaran rinci dari sebuah karya.

Evaluasi

Pada bagian ini , penulis teks ulasan akan mengutarakan pandangannya terhadap suatu karya setelah melakukan tafsiran terhadap karya tersebut.Dibagian ini pengulas juga akan menekankan poin-poin dalam karya yang dianggap memiliki nilai kelebihan maupun kekurangan dalam karya tersebut.

Rangkuman

Pada bagian ini berisi tentang kesimpulan yang diperoleh dari pengulasan sebuah karya. Pada bagian ini juga pengulas akan memberikan komentar terhadap karya yang telah diulasnya apakah karya tersebut pantas untuk dilihat (bagus) atau jelek.

Setelah membahas struktur dari Teks Ulasan kini saatnya kita melihat Contoh dari Teks ulasan sebagai berikut ini.

Contoh Teks Ulasan

Orientasi

Film Laskar Pelangi merupakan sebuah film yang dibuat langsung oleh Riri Riza dengan berdasarkan Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Karya ini bercerita mengenai kehidupan anak-anak yang tinggal di Pulau Belitong (Belitung) dengan mayoritas penduduknya merupakan suku Melayu dan Tionghoa, anak-anak tersebut masih memiliki semangat yang tinggi untuk dapat mengecap pendidikan setinggi mungkin walaupun dibatasi dengan keadaan ekonomi keluarga mereka yang serba susah.

Tafsiran

Cerita ini berkisah dari sebuah sekolah Muhammadiyah yang telah menjadi tempat anak-anak tersebut belajar terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud provinsi karena siswa yang belajar kurang dari 10 anak.Akhirnya harapan pun datang ketika upacara pembukaan,seorang ibu membawa anaknya yang bernama harun untuk didaftarkan di sekolah tersebut sehingga kini sekolah muhammadiyah memiliki jumlah murid genap 10 orang, dengan demikian sekolah Muhammadiyah tidak jadi ditutup.Karena peristiwa itu seorang guru wanita yang mengajar di sekolah tersebut yang bernama Bu Muslimah memberikan nama julukan kepada mereka dengan sebutan anak Laskar Pelangi

Baca : Pengertian dan Contoh Teks Tanggapan Kritis

Semua anak murid yang belajar di sekolah tersebut memiliki karakter dan kelebihannya masing-masing. Yang pertama, si Mahar. Walaupun perilakunya suka sembrono dan lucu, namun ia punya minat dan juga bakat di bidang seni, dari bakatnya tersebut ia telah memberikan kemenangan untuk sekolah Muhammadiyah pada karnaval dengan tarian tradisional ciptaannya sendiri. Yang kedua Lintang, dia adalah anak seorang nelayan tetapi ia memiliki otak yang sangat jenius Dia dapat menciptakan rumus-rumus matematika serta telah mengharumkan nama sekolah Muhammadiyah dalam lomba cerdas cermat . Lintang adalah seorang anak yang sangat luar biasa seperti yang diceritakan dalam sebuah lirik lagu berjudul lintang. Selanjutnya selain mereka ada Ikal, yang sangat berbakat dalam bidang sastra serta masih ada anak-anak lainnya.

Evaluasi

Persoalan demi persoalan yang dihadapi para anak-anak tersebut dalam cerita memberikan kita pandangan,jika diluar sana masih banyak anak-anak yang kurang mampu namun masih tetap memiliki semangat untuk menggapai mimpi mereka dengan bersekolah . Soundtrack Laskar Pelangi sendiri memiliki lirik yang bagus serta sangat menginspirasi. Dimana di lirik tersebut dikatakan jika kita memiliki mimpi dan kemauan apapun halangan dan rintangan yang akan kita lewati pasti akan ada jalannya bagi kita untuk menggapai mimpi itu.

Kesimpulan

Untuk kalian yang pernah membaca novelnya juga,pastinya kalian tahu makna kisah yang terselip pada cerita ini serta unsur pendidikan yang terasa sangat kental ada dalam cerita ini .Dari novel maupun filmnya pun tidak memiliki perbedaan dalam hal cerita, satu-satunya perbedaan keduanya hanya terletak pada sisi visualnya saja. Untuk kalian yang gemar membaca sambil membayangkan cerita kalian bisa membaca novelnya.Dan untuk kalian yang tidak suka membaca kalian juga dapat menonton filmnya.