Alat dan Bahan Menggambar Model

Alat dan Bahan Menggambar Model – Beberapa alat dan bahan yang dapat digunakan dalam menggambar model dapat dijumpai dalam berbagai ukuran dan jenis barang seperti pensil, penghapus, kertas dan sebuah papan gambar. Barang-barang ini memiliki fungsi dan kegunaanya masing-masing.

Alat dan Bahan Menggambar Model

Peralatan Menggambar

1. Pensil

Pilihlah yang berukuran 2H-H (keras), HB (medium, dan B-2B(lunak). Gunakan peraut pensil untuk memperuncing ujung pensil. Kita juga bisa menggunakan sepotong kertas amplas untuk mempermudah mengatur keruncingan pensil sesuai dengan kebutuhan.

2. Penghapus

Pilihlah penghapus yang lunak dan lentur untuk membersihkan garis-garis pensil tanpa merusak kertas.

3. Kertas

Gunakan kertas gambar sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu tipis dan usahakan yang memiliki tekstur. Beberapa jenis kertas dapat digunakan untuk menggambar model seperti kertas ukuran standar (A3, A4, kwarto). Untuk latihan, bisa juga menggunakan kertas buram.

4. Pensil Warna

Penggunaan pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengarsir atau memblok warna. Tekanan pada penggunaan pensil sangat memengaruhi ketajaman warna.

5. Krayon

Bahan krayon terdiri dari dua macam, yaitu bahan berbasis kapur dan minyak (lilin).

6. Cat Air

Bentuk cat air terdiri atas bentuk tube dan batangan. Pada bentuk tube menggunakan palet sedangkan cat air dalam bentuk batangan dapat langsung digunakan di kemasannya.

Sumber : Eko Purnomo, dkk. 2017. Seni Budaya SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 11-12