Pengertian, Sumber dan Manfaat Protein

Pengertian, Sumber dan Manfaat Protein – Protein merupakan senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi dan merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang terhubung satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein tersebut memiliki kandungan hidrogen, karbon, oksigen, nitrogen, sulfur, dan fosfor. Protein memiliki peran dalam pembentukan struktur serta fungsi sel makhluk hidup dan virus.

Pengertian, Sumber dan Manfaat Protein

Sumber Protein

Jenis protein yang lain memiliki peran penting dalam fungsi struktural atau mekanis, seperti protein yang berperan dalam membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Protein berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh sebagai antibodi, transportasi hara, dan sebagainya. Protein berperan sebagai sumber asam amino bagi suatu organisme yang tidak dapat membentuk asam amino sendiri.

Protein merupakan salah satu penyusun utama makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan sebagainya. Protein juga merupakan salah satu molekul yang paling banyak untuk diteliti dalam biokimia. Protein pertama kali ditemukan Jöns Jakob Berzelius asal Swedia pada tahun 1838.

Sumber Protein

1. Protein Hewani

Protein hewani merupakan asupan nutrisi protein yang berasal dari hewan atau produk olahannya.

Daging Merah

Daging-dagingan merah seperti daging sapi, daging kambing dan domba kaya akan protein. Selain itu, daging merah juga merupakan sumber vitamin B12.

Daging Ayam

Jika Ibu khawatir akan kandungan lemak dalam daging. Sebaiknya Ibu konsumsi daging ayam, sebagai sumber protein. Daging unggas memiliki lemak jenuh yang lebih sedikit dibanding dengan daging lainnya. Pilihlah bagian dada ayam, karena mengandung 30 gram protein/100 gram dan juga tidak mengandung banyak lemak.

Daging Ikan

Selain sebagai sumber protein tinggi, daging ikan juga mengandung omega 3 yang baik kesehatan jantung. Daging ikan salmon dan daging ikan tuna merupakan pilihan sumber protein yang tepat.

Telur

Dalam satu butir telur ayam mengandung 6 gram protein. Protein dalam telur yang masuk ke tubuh akan membantu membentuk protein dan jaringan dalam tubuh. Protein dalam telur memiliki kualitas yang sangat tinggi karena asam amino esensial yang dimilikinya hampir ideal untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, sebaiknya pilih putih telur karena bebas lemak dan bebas kolesterol.

Susu dan Produk Olahannya

Susu merupakan salah satu sumber protein yang paling baik. Protein dalam susu sangat berkualitas karena mengandung asam amino esensial yang diperlukan tubuh. Selain protein, susu juga menyediakan kalsium yang cukup tinggi. Produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt juga bisa dijadikan sebagai sumber protein yang baik.

2. Protein Nabati

Protein nabati berasal dari konsumsi tanaman atau berbagai jenis olahannya.

Tahu dan Tempe

Makanan ini bisa Ibu sajikan sebagai sumber protein setiap hari karena harganya yang terjangkau. Namun ternyata, kandungan protein dari makanan yang bersumber dari kedelai ini tak semurah harganya. Dalam takaran 100 gram, tempe memiliki kandungan protein sebesar 20,8 gram. Sedangkan tahu memiliki kandungan protein sebanyak 10,9 gram per 100 gramnya. Selain mudah untuk didapatkan, tempe dan tahu juga sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai kreasi hidangan yang pasti disukai seluruh anggota keluarga.

Kacang Kedelai

Selain lewat tempe dan tahu, Ibu bisa mengkonsumsi kacang kedelai secara langsung atau diolah menjadi susu kedelai untuk mendapatkan kebaikan manfaat protein yang lebih optimal. Kacang kedelai merupakan sumber protein terbesar, yakni mengandung 40,4 gram setiap 100 gramnya. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Kacang Polong

Kacang polong mengandung protein yang cukup tinggi. Secangkir kacang polong setidaknya mengandung 8 gram protein. Tak hanya itu, kacang polong juga mengandung leusin. Salah satu jenis asam amino esensial ini penting karena dibutuhkan tubuh agar proses metabolisme lancar dan umumnya sulit ditemukan di sebagian besar makanan nabati.

Manfaat Protein

  1. Protein memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh yang salah satunya sebagai zat pembangun dalam tubuh. Berikut ini berbagai manfaat protein.
  2. Protein sangat cocok sebagai sumber energi. Hal ini karena setiap gram protein menghasilkan 4,1 kalori yang dibutuhkan tubuh.
  3. Mengatur metabolisme tubuh.
  4. Asupan energi utama untuk diet rendah gula.
  5. Menjaga keseimbangan antara asam basa serta cairan tubuh. Protein juga memiliki peran dalam menjaga stabilitas pH cairan tubuh.
  6. Bahan dalam sintesis substansi seperti hormon, zat antibodi, serta organel sel lainnya.
  7. Protein dapat membantu proses pertumbuhan terutama pada anak-anak dan remaja, hal ini karena sel-sel tubuh mendapatkan cukup asupan zat pembangun.
  8. Membantu kerja tubuh dalam menetralkan zat-zat asing yang masuk dalam tubuh.