no comments

Alasan Pengguna iPhone Lebih Loyal dari Android?

Alasan Pengguna iPhone Lebih Loyal dari Android?

Survei Consumer Intelligence Research Partner (CIRP) yang dipublikasikan minggu lalu mengungkap bahwa sekitar seperlima pengguna Android memutuskan pindah ke iPhone. Sementara, hanya sedikit pengguna iPhone yang melakukan hal sebaliknya.

Mengapa pengguna iPhone lebih setia dibandingkan pengguna Android? Pendiri CIRP Josh Lowitz punya beberapa kemungkinan jawaban.

“Kami pikir loyalitas timbul dari sebuah platform yang berhasil memenuhi keperluan penggunanya, dan kepercayaan bahwa platform tersebut akan terus memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik dibanding alternatif lain,” ujar Lowitz kepada AllThingsD.

Soal ini, Lowitz mengatakan bahwa pengguna iOS yang “loyal” tak memiliki keraguan bahwa iPhone generasi berikutnya bakal memberi kepuasan yang sama. Akan tetapi hal tersebut dikatakannya tak berlaku untuk pengguna Android.

“Ada ketidakpastian soal pindah merek, terkait fitur-fitur berbeda yang ditawarkan tiap merek. Jadi, bahkan pengguna Android yang loyal sekalipun bakal menghadapi pasar terbuka dengan banyak pilihan,” tambah Lowitz.

Kebingungan menentukan pilihan itu dibikin makin rumit dengan perangkat Android baru yang muncul beberapa bulan sekali, misalnya saja Galaxy S4 dari Samsung, Google Nexus 4, dan terakhir Motorola Moto X yang dirilis dalam waktu relatif berdekatan. Di sisi lain, Apple biasanya hanya meluncurkan iPhone baru setahun sekali.

Jadi, apakah banyaknya pilihan smartphone berujung pada tidak setianya pengguna Android terhadap satu merek, atau bahkan terhadap platform itu sendiri? Menurut CIRP, ternyata tidak juga.

“Fragmentasi di platform Android ibarat pedang bermata dua,” tutur pendiri CIRP lainnya, Michael Levin. “Hal ini memang menciptakan lingkungan di mana penggunanya kurang begitu loyal, setidaknya terhadap merek, dan sedikit banyak terhadap sistem operasi secara umum. Tapi, fragmentasi juga memungkinkan pengguna berpindah-pindah merk sambil tetap berada di ekosistem Android.”
[sumber:http://tekno.kompas.com/read/2013/08/26/1637479/Mengapa.Pengguna.iPhone.Lebih.Loyal.dari.Android.]

Reply