no comments

Apa Penyebab Penyakit Meningitis Seperti yang Diderita Olga?

Apa Penyebab Penyakit Meningitis Seperti yang Diderita Olga?

Olga Syahputra yang didiagnosa menderita meningitis, mengalami gejala sakit kepala hebat dan daya tahan tubuh menurun. Apa sebenarnya penyakit meningitis tersebut? Bagaimana terjadinya dan dampak bagi tubuh penderita seperti apa?

Jika disimak dari penjelasan dokter Rumah Sakit Pondok Indah yang menangani penyakit Olga, yaitu dr. Rubiana Nurhayati, SpS, meningitis adalah terjadinya radang pada selaput membran di otak. Selaput ini melindungi otak dan sum-sum tulang belakang. Selaput membran tersebut bernama meningen.

Penyebab terjadinya radang adalah virus, bakteri, atau mikroorganisme. Secara umum gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan yang dialami oleh presenter sekaligus komedian Olga. Yaitu pusing hebat, leher kaku, dan juga terjadi demam tinggi.

Meningitis ada 3 jenis yang umum diderita oleh manusia, yaitu viral meningitis yang paling ringan. Jenis ini dapat sembuh tanpa pengobatan serius, sebab gejalanya mirip flu biasa.

Kedua bacterial meningitis, disebabkan oleh bakteri meningococcal bacteria. Ini cukup berat dan perlu pengobatan serius.

Ketiga adalah jenis meningitis triptokokus yang penyebabnya adalah jamur triptokokus. Cara penularannya melalui udara dari kotoran penderita yang telah mengering dan mengandung jamur tersebut.

Karena penyebabnya bakteri dan virus, maka cara pencegahannya adalah dengan menjaga kebersihan sebaik mungkin. Hindari makanan yang kotor dan tercemar bakteri tersebut. Selalu mencuci tangan dengan sabun bila hendak makan atau dari tempat umum.

Karena ini penyakit yang dapat menyebabkan kematian, maka sebaiknya Anda tidak meremehkan penyakit tersebut. Asupan makanan bergizi dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap segala penyakit juga perlu dilakukan sehari-hari. Tambahkan kayu manis dalam minuman dan makanan sehari-hari, sebab kayu manis punya manfaat menjauhkan dari serangan meningitis.

sumber:sidomi.com

Loading...

Reply