no comments

BBM Bakal Hadirkan Fitur VoIP, Layanan Telepon Berbayar

BBM Bakal Hadirkan Fitur VoIP, Layanan Telepon Berbayar

Blackberry lewat BBM terus lakukan berbagai upaya guna meningkatkan pendapatan mereka. Satu pintu masuk pemasukan itu yang kini dibidik yakni lewat BBM Voice dengan penambahan fitur baru yakni layanan VoIP (Voice over Internet Protocol). Seperti apa?

BBM memang telah suntikkan fitur menelpon gratis yang telah melintas di banyak perangkat dan platform. Pengguna bisa saling telepon tanpa pulsa namun tetap memakan kuota data (internet). Lantas, layanan yang bagaimana tentang VoIP tersebut?

Menukil Ubergizmo, tidak disebut bagaimana strategi monetisasi lewat VoIP. Namun jika menilik layanan lain, mungkin bakal serupa dengan kompetitor misalkan saja Skype.

Bulan Februari lalu, LINE dikabarkan juga bakal hadirkan fitur serupa sejenis milik Skype. Fitur VoIP LINE memungkinkan pengguna LINE untuk bisa menelepon telpon rumah dan ponsel. Pendek kata, panggilan tetap bisa dilakukan meski pengguna yang ditelepon tidak membenamkan aplikasi LINE.

Namun, layanan ini tak gratis. LINE membanderol 6,5 yen atau sekitar Rp 700 untuk paket 30 hari atau 14 yen atau sekitar Rp 1.600 per menit ke nomor ponsel dan 3 yen atau sekitar Rp 350 per menit ke telepon rumah jika tidak memilih paket.

Lantas, apakah Blackberry bakal terakan strategi yang serupa? Senior Director BBM Business Development David Proulx berujar jika pihaknya masih menimbang dan berinvestasi terkait ini. Yang jelas, Blackberry akan lakukan monetisasi di layanan panggilan tersebut.(sidomi.com)

Loading...

Reply