no comments

Bentuk-bentuk Seni Di Era Kontemporer

Di era kontemporer ini telah banyak lahir bentuk seni yang baru, di antaranya:

a. Klik Art
Dalam proses pembuatan klik art, seseorang tidak harus membuatnya dengan tangan (melukisnya sendiri). Dalam Klik Art ini siapa saja bisa membuat lukisan dengan memanfaatkan gambar yang ada atau lukisan orang lain yang mungkin diubah atau ditambahi, bahkan dikurangi. Tapi perlu diingat dalam klik art ini kamu harus bisa mengoperasikan komputer dan program- progarmnya yang digunakan dalam kegiatan ini, misalnya: Corel Draw, Photosop, dan sebagainya.

seni-era-kotemporer

Foto : Ilustrasi/yogaparta.wordpress.com

b. Net Art
Net art merupakan bentuk seni yang dipamerkan di ruang maya (Internet). Di net art ini, kamu bisa mengubah gambar, mengurangi dan menambahi, atau mungkin kamu mengganti inisial pembuatnya dengan namamu. Namun perlu diingat walaupun kamu mengubah atau mengganti inisial pencipta pada karya net art ini, si pembuat akan semakin bangga karena ia merasa menang dan puas karena karyanya ternyata interaktif.

c. Video Art atau Video Instalasi
Jenis kesenian video art ini tidak beda dengan seni instalasi yang dalam aktualisasinya si seniman memanfatkan teknologi televisi yang terhubung dengan video atau komputer. Jadi, pesan yang ingin di sampaikan si kreator itu diserahkan pada seonggok mesin, tapi kadang si kreator juga menyertakan tubuhnya atau tubuh orang lain, yangsepertinya kita melihat itu mirip seni pertunjukan. Namun ini tidak dapat dikatakan sebagai seni pertunjukan murni karena masih ada unsur rupa-nya, namun juga bukan seni rupa karena sarana dalam video art ini unsur gerak, bunyi, dan sastra juga.

Sumber Rujukan: Dyastriningrum. 2009. Antropologi Kelas XII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Loading...