no comments

Cara Memahami Isi Bacaan dan Ide Pokok Paragraf

Cara Memahami Isi Bacaan dan Ide Pokok Paragraf – untuk dapat memahami setiap isi pada bacaan dan ide pokok pada setiap paragraf yang telah kita baca maka simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

memahami isi bacaan dan ide poko paragraf

Memahami Isi Bacaan

Isi bacaan dapat ditentukan dengan membuat kaliman tanya. kalimat tanya adalah kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu hal. Kalimat tanya selalu diakhiri dengan tanda tanya (?), kalimat tanya diawali dengan kata tanya, Apa (untuk menanyakan sesuatu), Siapa (untuk menanyakan orang, Kapan (untuk menanyakan waktu), Dimana (untuk menanyakan tempat), Mengapa (untuk menanyakan sebab), dan Bagaimana (untuk menanyakan keadaan). Berikut ini adalah beberapa contoh dalam penggunaan kalimat tanya.

  1. Apa prestasi yang diraih luna maya?
  2. Siapa yang menang dalam pertandingan sepak bola?
  3. Kapan menteri pendidikan datang ke solo?
  4. Dimana tempat membeli buku paket pelajaran bahasa indonesia?
  5. Mengapa Raffi jatuh dari sepeda?
  6. Bagaimana cara mengatasi penyakit DBD?

 

Ide Pokok Paragraf

Ide pokok paragraf adalah topik utama dan inti pembicaraan yang terdapat dalam suatu paragraf. Ide pokok pada setiap paragraf dapat kita temukan pada kalimat utama dalam suatu paragraf. Kalimat utama biasanya diikuti kalimat penjelas. Kalimat utama dapat ditemukan pada  awal paragraf, akhir paragraf atau keduanya.