no comments

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lambat Alias Lemot

android-smartphone

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lambat Alias Lemot. Smartphone Android umumnya akan mulai melambat dalam pengoperasiannya seiiring lamanya pemakaian. Berikut disajikan tips bagaimana cara memperepat performa samrtphone Android yang mulai melambat senada dengan usia pemakaian.

1. Restart dan update sistem
Restart bisa dilakukan untuk “penyegaran” perangkat. Setelah reboot perangkan akan lebih fresh. Renungkan, kapan terakhir kali ponsel Anda di-restart? Update sistem terkait dengan pemutakhiran sistem di ponsel yang diberikan oleh produsen. Cek di “Settings” lalu pilih “System updates.”

2. Singkirkan file yang tidak dibutuhkan
Selain menambah beban memori, entah itu internal maupun eksternal, berkas yang tidak dibutuhkan juga “memakan” cache. Misalkan saja Anda menyimpan ratusan foto di ponsel. Untuk chache-nya (thumbnail) sendiri bisa mencapai lebih dari 1GB.

3. Bersihkan chache data
Jika tidak ingin repot, manfaatkan satu aplikasi di Google Play Store yang cukup powerfull yakni CCleaner. Aplikasi ini sangat berpengalaman di ranah PC. Cukup sekali tap saja, chache data di perangkat bisa dibersihkan.

4. Nonaktifkan efek animasi
Untuk tips ini Anda harus “bertindak” sebagai developer. Caranya, masuk ke “Settings” lalu tap “Build Number” sebanyak tujuh kali. Kemudian akan muncul teks berbunyi, “Now you are developer.” Kemudian Anda bisa akses ke menu “Developer opstions” dan cari kategori “Transition animation scale” dan “Animator duration scale” lalu nonaktifkan.

5. Hapus atau “matikan” aplikasi yang gak penting
Coba buka app drawer dan lihat kira-kira ada tidak aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan. Jika menemukan, maka delete saja. Sayang menghapusnya, maka “matikan” dengan aplikasi Greenify yang kini mendukung perangkat non root.

 

Sumber: Sidomi.com

Loading...

Reply