no comments

Cara Mengatasi Stres Karena Banyak Pekerjaan

stres relax kerja depresi

6 Cara Mengatasi Stres Karena Banyak Pekerjaan – Dalam hubungannya dengan pekerjaan, setiap orang pasti pernah mengalami stres. Datangnya bisa dari deadline yang menumpuk, masalah dengan teman kantor, dan sebagainya. Inilah beberapa cara sederhana untuk mengatasi stres yang melanda:

1. Berolahraga secara rutin

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kesehatan seseorang baik secara mental dan fisik. Selain itu, olahraga menyebabkan perubahan kimiawi pada otak yang dapat meningkatkan mood.

2. Tertawa

Seberapa sering Anda tertawa dalam sehari? Dengan tertawa lebih banyak, Anda bisa menenangkan stres, meningkatkan denyut jantung, dan tekanan darah. Tertawa juga memicu pelepasan endorfin dan dopamin di otak, hormon yang membuat orang bahagia.

3. Bercerita kepada orang terdekat

Ketika sedang stres, naluri untuk menyendiri biasanya muncul. Padahal, hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi tekanan adalah dengan tidak memendamnya. Berceritalah mengenai masalah Anda kepada orang yang dipercaya, dengan begitu beban pun akan sedikit terlepas.

4. Yoga

Gerakan-gerakan yoga memiliki segudang manfaat fisiologis dan psikologis, seperti meningkatkan kemampuan konsentrasi, menurunkan risiko depresi dan kecemasan, serta mengatasi insomnia. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah atau dengan mengikuti kelas yoga.

5. Cukup Tidur

Tidur adalah waktu ketika seseorang mengisi ulang otak dan tubuh. Karenanya, kualitas dan jumlah tidur yang didapatkan akan mempengaruhi suasana hati, tingkat energi, konsentrasi dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

6. Mendengarkan Musik

Bersantai sejenak di tempat yang tidak terlalu ramai, lalu nyalakan musik. Pilihlah musik yang lembut dan meditatif untuk menenangkan diri.

Di samping cara-cara tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin untuk menjaga stamina tetap stabil. Beberapa elemen seperti L-Carnitine berguna untuk pembakaran lemak dalam metabolisme tubuh dan diubah menjadi energi serta memelihara kesehatan tubuh; BCCA (branched-chain amino acid) dapat membantu pembentukan protein dalam tubuh; VITAMIN B1, B6 & B12 juga mampu membantu memelihara sel-sel saraf.

Sumber: klikdokter.com

Loading...