no comments

Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami

Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami

Mata minus atau myopia adalah penyakit mata rabun jauh yakni suatu keadaan yang mana mata itu sudah tidak sanggup lagi untuk melihat obyek yang letaknya jauh dan akan terlihat kabur. Pada rabun jauh (miopia, mata minus), sumbu mata terlalu cembung, sehingga bayangan benda jatuh di depan retina. Akibatnya, benda yang jauh tidak terlihat jelas. Tanpa kacamata, penderita rabun jauh akan mengalami sakit kepala dan nyeri pada mata.

Ciri khas perkembangan miopia adalah kelainan yang terus meningkat hingga usia remaja, kemudian menurun pada usia dewasa muda. Walaupun agak jarang, miopia dapat pula disebabkan oleh perubahan kelengkungan kornea atau oleh kelainan bentuk lensa mata. Lazimnya, miopia terjadi karena memanjangnya sumbu bola mata, sehingga mata berbentuk bulat telur. Pemanjangan sumbu ini menyebabkan media refraktif sulit memfokuskan berkas cahaya. Sejalan dengan memanjangnya sumbu bola mata, derajat miopia bertambah. Pada usia anak-anak sampai remaja, proses pemanjangan bola mata dapat merupakan bagian dari pertumbuhan tubuh. Pertambahan derajat miopia membutuhkan kacamata yang kian berat derajat kekuatannya. Karena itu, penderita, penderita pada usia 20-40 tahun dianjurkan melakukan pemeriksaan setiap 6 bulan.

Gejala myopia atau rabun jauh atau mata minus adalah kepala nyeri berdenyut terutama bagian depan, bola mata perih dan berat, terasa seperti mau keluar dan air mata meleleh berlebihan. Keadaan ini biasanya membaik bila mata diistirahatkan atau dengan minum obat antinyeri. Tapi sering kali kambuh beberapa waktu kemudian.

Pengobatan mata minus atau myopia
Untuk mengobati mata minus atau rabun jauh (myopia) dapat digunakan daun sirih dengan cara daun sirih ditempel di mata dengan hansaplast dan biarkan selama semalam. Daun sirih ini untuk mengangkat kotoran yang ada pada mata. Dapat pula dilakukan dengan merendam daun sirih dedalam air panas lalu setelah air menjadi hangat gunakan air tersebut untuk membersihkan mata.

Daun sirih mengandung minyak atsiri, yaitu kadinen, kavikol, sineol, eugenol, dan karvakol. Minyak atsiri dari daun sirih ini mengandung seskuiterpen, pati, diatase, gula, dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, fungisida, dan antijamur. Daun sirih mengandung zat antijamur. Daun sirih mengandung zat antiseptik pada seluruh bagiannya.

Berikut penyebab kemampuan mata menurun:

  1. Pola makan yang tidak sehat, seperti asupan karbohidrat sederhana yang berlebihan dan makanan yang terlalu diolah, serta makan ketika merasa stress
  2. Kebiasaan membaca yang salah seperti membaca sambil tiduran dan membaca di tempat dengan penerangan yang kurang.
  3. Polutan di udara, air dan makanan (bahan kimia, pengawet dll)
  4. Konsumsi gula yang berlebihan
  5. Kurang terkena sinar matahari
  6. Tempat kerja yang buruk
  7. Terlalu banyak menonton televisi
  8. Memakai monitor komputer yang buruk
  9. Pola perilaku penyangkalan dan kecanduan

Beberapa hal lain yang perlu juga di perhatikan:

  1. Kondisi mental sangat berpengaruh pada kesehatan pengelihatan mata (vision fitness)
  2. Memakai kacamata yang sesuai dengan ukuran minus/plus kita, justru akan membuat kita semakin tergantung dengan kacamata dan tidak ada kesempatan untuk memperbaiki penglihatan kita. Dalam buku ini disarankan, untuk memakai kacamata yang setingkat lebih rendah (dengan kemampuan penglihatan sekitar 87,5%) sehingga mata berusaha untuk memperbaiki fokusnya, dan pada akhirnya bisa mengurangi ketergantungan pada kacamata.
  3. Kondisi mata yang terkadang terasa capek, perih, buram dsb, adalah suatu pertanda/pesan dari mata, kalau mata sudah terlalu capek, maka dari itu jika kita mengalami hal-hal tersebut, segera istirahatkan mata anda untuk beberapa saat

Sementara itu dari Singapura ada sebuah terapi manus yang sangat murah yakni dengan cara seperti dibawah ini

  • Cipratkan air secukupnya sampai membasahi kedua mata
  • Berdiri tegak, miringkan badan ke kanan kiri masing-masing 10x
  • Gelengkan kepala ke atas bawah masing-masing 10x
  • Gelengkan kepala ke kiri kanan masing-masing 10x
  • Putar kepala ke kiri kanan masing-masing 10x
  • Cipratkan air secukupnya sampai membasahi kedua mata
  • Geser mata melirik ke atas bawah masing-masing 10x
  • Geser mata melirik ke kiri kanan dengan bantuan tangan yang  direntangkan sebagai titik yang harus dilihat masing2 10x.
  • Putar mata ke kiri kanan masing-masing 10x
  • Cipratkan air secukupnya sampai membasahi kedua mata

Pijat daerah sekeliling mata dengan satu jari dari tiap tangan secara bersamaan sampai 10x putaran lalu geser arah pijatan ke belakang kepala sampai kedua jari bertemu.
catatan:

Cara Mencegah atau Mengurangi Minus Mata

  1. Lepaskan kacamata jika memungkinkan
  2. Lihat ke benda-benda dengan jarak yang berbeda
  3. Kedip secara normal, tidak teralu cepat dan lambat
  4. Tutup mata Anda, gunakan telapak tangan anda dan berikan sedikit tekanan kepada mata Anda. Ini akan membantu otot Anda menjadi lemas.
  5. Melihat benda yang bergerak juga membantu untuk melemaskan otot mata Anda.
  6. Makan buah wortel dan berbagai macam buah yang berwarna jingga lainnya tau buah buahan yang asam.
  7. Usahakan pergi ke pegunungan hijau, persawahan atau laut yang luas.

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat buat sobat pembaca semua. Terimakasih
[sumber:http://rizkyadipranata04.blogspot.com/2012/06/cara-mengobati-mata-minus-secara-alami.html]

Loading...

Reply