no comments

Cara Mengobati Penyakit Katarak Secara Alami

Cara mengobati penyakit katarak, Mata sebagai indra penglihat manusia mempunyai fungsi yang penting sekali bagi manusia. Demikian pula dengan gangguan dan penyakit yang menyerang mata. Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang salah satu penyakit gangguan mata, yaitu penyakit glaukoma. Nah, kali ini saya masih akan melanjutkan membahas tentang penyakit yang menyerang mata yaitu katarak.

Cara Mengobati Penyakit Katarak Secara Alami

Sebelumnya apa yang anda ketahui tentang penyakit katarak? Ya benar sekali, katarak adalah penyakit yang ditandai dengan adanya kabut pada lensa mata. Pada manusia dengan lensa mata normal adalah transparan dan mengandung banyak air, dengan demikian cahaya dapat menembusnya. Namun, pada orang penderita katarak ini lensanya akan terlihat lebih keruh, yang mana ini menyebabkan cahaya sulit menembus masuk ke mata dan akhirnya pandangan menjadi buram.

Penyebab Penyakit Katarak
Penyakit katarak ini banyak menyerang orang yang bermukim di wilayah – wilayah tropis, Indonesia salah satunya. Ini di karenakan salah satu penyebab katarak adalah pengaruh sinar ultraviolet matahari. Selain itu, faktor usia juga menyebabkan terjadinya katarak. Serat mata yang terdiri dari air dan protein akan mengalami perubahan dan struktur yang berakibat pada penurunan serat protein seiring dengan bertambahnya usia. Yang mana ini akan menyebabkan beberapa serat protein tersebut menggumpal dan menyebabkan noda pada lensa mata. Penyebab dan faktor – faktor yang menyebabkan timbulnya katarak antara lain sebagai berikut ini :

  • Faktor usia, katarak biasanya lebih banyak diderita oleh para lanjut usia.
  • Faktor genetik dari orang tua (faktor keturunan).
  • Cacat mata bawaan sejak lahir.
  • Pernah menderita atau mengalami cedera atau radang pada mata.
  • Pernah mengalami operasi mata.
  • Mata Tersinari oleh sinar matahari (sinar ultraviolet) yang berlebihan.
  • Mata terkena radiasi ion.
  • Kebiasaan merokok.
  • Penggunaan obat – obat tertentu yang dalam kurun waktu yang cukup lama, khususnya steroid.
  • Katarak, penyebabnya bisa karena penyakit diabetes teruatam diabetes mellitus (kencing manis)

Gejala Penyakit Katarak
Gejala katarak ini terjadi secara perlahan – lahan dan bertahap – tahap. Banyak penderita dari katarak ini tidak mengetahui bahwa dirinya telah mengidap katarak. Memang saat pertama terjadi gejala ini, pandangan mata tidak terlalu terganggu, pandangan mata ini akan terganggu setelah kurang lebih 3-5 tahun katarak berkembang di mata. Maka, dari itu, penderita baru akan menyadari bahwa dirinya telah terserang katarak yang sudah kronis.

Gejala awal dari katarak ini adalah air mata mudah keluar, mata dan sekitarnya terasa gatal – gatal, penglihatan mulai terganggu pada malam hari, dan tidak bisa lagi menahan silau dari matahari atau lampu yang menyala. Setelah itu, baru penderita akan melihat seperti selaput awan di depan pandangannya, dan semakin lama selaput itu akan semakin merapat dan akhirnya pandangan mata akan tertutup. Secara umum gejala dari katarak ini adalah sebagai berikut :

  • Seperti ada kabut awan didepan pandangannya, sehingga pandangan kurang jelas.
  • Terlalu peka terhadap sumber cahaya.
  • Pada satu mata, objek dapat terlihat menjadi dua.
  • Lensa mata lama – kelamaan berubah menjadi buram.
  • Untuk dapat membaca, di perlukan cahaya yang cukup terang.

Untuk pengobatan katarak ini banyak orang yang menggunakan cara pengobatan medis katarak, namun ada juga masyarakat yang masih menggunakan cara tradisonal. Berikut penjelasan selebihnya.

Pengobatan medis penyakit katarak
Cara yang biasa ditempuh dalam pengobatan medis ini adalah dengan melakukan operasi pengangkatan lensa mata yang keruh dan diganti dengan lensa mata buatan. Cara terbaru yang ditemukan adalah dengan menggunakan sinar laser. Namun, tentu kedua cara tersebut membutuhkan biaya yang mahal, sebanding dengan waktunya yang cepat. Tapi tenang untuk anda yang mengalami kendala dalam biaya, anda bisa mencoba pengobatan alternatif penyakit katarak dengan menggunakan bahan alami yang dipercaya mampu menyembuhkan katarak.

Pengobatan Tradisional Penyakit Katarak
Untuk pengobatan tradisional ini banyak orang yang menggunakan hasil – hasil alam sebagai obatnya. Berikut beberapa bahan alami yang sering digunakan sebagai obat katarak :

  1. Minum jus wortel.
  2. Masker mata dengan estrak atau jus bunga labu.
  3. Madu alami.
  4. Konsumsi campuran adas manis dan ketumbar (takaran ketumbar dan adas manis sama).
  5. 7 Buah almond dan setengah gram merica.

Minum campuran 2 buah kapulaga halus dan segelas susu yang telah direbus mendidih.

Demikian informasi tentang bagaiamana cara mengobati penyakit katarak dengan cara tradisional / alami. semoga dengan informasi ini anda bisa lebih mengenali lebih dini gejala – gejala dari katarak, dan mencegahnya agar tidak kronis. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat bagi anda.

Sumber: inkesehatan.blogspot.com

Loading...

Reply