no comments

Cara Merias Wajah sesuai dengan Usia

Lintasjari – Rias wajah sesuai dengan usia adalah merias seseorang menjadi tokoh yang berusia lebih muda atau lebih tua dari sebenarnya. Pengetahuan mengenai anatomi manusia dari berbagai umur sangat diperlukan untuk mewujudkan rias usia tersebut, misalnya untuk mengubah seorang wanita muda menjadi nenek tua diperlukan pengetahuan garis kerut, bagian wajah yang cekung dan cembung dari seorang nenek-nenek.
Berikut adalah pola rias wajah pada pementasan teater untuk karakter orang tua :

Keterangan Gambar:

  1. Garis kerutan pada dahi
  2. Garis kerutan pangkal hidung
  3. High light
  4. Alis diberi warna muda/putih
  5. Diberi shadow
  6. Garis-garis kerutan mata
  7. Garis mata kesan ketuaan
  8. High light
  9. Garis kantong mata
  10. Garis batas
  11. Diberi shading
  12. Diberi warna coklat
  13. Bibir diberi foundation berwarna yang lebih muda
  14. Diberi shading dengan eye shadow yang bersifat dop (tidak mengandungbrown)

Merias wajah dengan karakter orang tua ini yang pertama harus dilakukan adalah menganalisa watak, misalnya : orang tua yang bagaimana yang akan kita tampilkan, berapa umurnya dan bagaimana latar belakang kehidupannya. Merias wajah karakter orang tua yang berumur 50 tahun dengan latar belakang kehidupan yang baik dan berbahagia dapat dirias dengan menggunakan pensil alis dan eye shadow untuk membuat garis kerut yang diberi warna cerah.

Pergunakan foundation yang lebih muda dari warna kulit dan bedak warna cerah (merah muda) dan diberi perona pipi yang tidak mencolok dari warna bedak, kemudian tambahkan lipstick yang tidak mencolok. Merias wajah karakter orang tua yang bersedih sedikit berbeda dengan karakter orang tua yang berbahagia. Perbedaan terletak pada pemilihan warna foundation, pensil alis dan eye shadow, untuk karakter orang tua yang bersedih lebih memilih warna-warna yang lebih gelap dari karakter orang tua yang berbahagia.

Rias wajah karakter orang tua dapat dilihat pada gambar berikut :

Sumber:
Herni Kusantati, dkk. 2008. Tata Kecantikan Kulit untuk SMK Jilid 3. Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Reply