no comments

Chrome Akan Mudahkan Orangtua Awasi Anak

Chrome Akan Mudahkan Orangtua Awasi Anak

Lintasjari – Untuk mempermudah para orangtua yang mengawasi anak-anaknya berselancar di internet, Google dikabarkan berencana menanamkan model akun baru bernama “supervised account” ke peramban Chrome buatannya.

Supervised account dimaksudkan bagi anak-anak yang gemar berselancar di internet. Agar mudah mengontrol konten apa saja yang dikonsumsi anak, orangtua dapat membatasi akses akun ini, misalnya dengan menentukan situs mana saja yang bisa diakses.

Untuk mempermudah para orangtua mengawasi anak, nantinya pengaturan-pengaturan supervised account bisa dilakukan lewat jarak jauh melalui laman khusus.

Kehadiran fitur ini dalam browser Chrome versi “Canary” (versi pengembangan) diungkapkan oleh blog Browser Fame yang dikutip oleh The Next Web.

Chrome sebenarnya sudah sejak lama mendukung fitur multi-akun yang memungkinkan beberapa pengguna memakai browser yang sama dan menggunakan setting mereka sendiri untuk tiap sesi.

Namun, supervised account melangkah lebih jauh dengan memberlakukan batasan-batasan pada akun khusus yang dipakai anak-anak.

Dengan demikian, diharapkan para orangtua bisa mengontrol apa yang dilihat oleh buah hatinya di komputer yang dipakai bersama, ataupun di perangkat jenis lain.

Ada kemungkinan bahwa Google akan turut menerapkan fitur serupa di Chromebook, laptop berbasis sistem operasi Chrome yang dijadikan andalan raksasa internet itu untuk masuk ke dalam industri pendidikan.

Cara kerja supervised account sendiri masih belum diungkap lebih rinci karena tim Chrome memang masih mengembangkan user interface, backend, serta aliran prosesnya secara keseluruhan. Namun, kedatangan fitur yang satu ini agaknya memang layak ditunggu oleh para orangtua pengguna Chrome. (tekno.kompas.com)

Loading...

Reply