no comments

Ciri dan Tanda Seseorang Rawan Terserang Diabetes

Ciri dan Tanda Seseorang Rawan Terserang Diabetes

Lintasjari.com – Diabetes adalah penyakit berbahaya yang sudah banyak menelan jiwa. Tak peduli pria atau wanita, ancaman diabetes ini bisa saja menyerang kapan saja dan usia berapa saja. Apalagi diabetes sekarang bukan melulu penyakit keturunan. Resikonya diperbesar dengan gaya hidup yang dimiliki dan melahirkan penyakit diabetes tipe baru yang lebih akrab dikenal dengan diabetes tipe 2.

Kurang lebih 10 tahun terakhir ini, perubahan gaya hidup, makanan serta berat badan menjadi sebuah hal yang patut dicermati. Merekalah yang dituding sebagai penyebab diabetes tipe 2, yang bisa mengancam nyawa sejak kanak-kanak.

Bagaimana sih tanda-tanda orang terkena diabetes? Cermati beberapa tanda berikut, seperti dilansir oleh Shine:

Merasa baik-baik saja
Merasa baik-baik saja tapi kemudian curiga. Tanda pertama ini patut menjadi dasar Anda melakukan pengecekan tanda-tanda selanjutnya. Karena diabetes tipe 2 menyerang akibat gaya hidup, maka sangatlah mungkin Anda juga sedang menderitanya. Mari kita pastikan saja dengan melakukan pemeriksaan melalui beberapa tanda, serta pemeriksaan medis Anda.

Selalu ingin buang air kecil
Mereka yang menderita diabetes biasa buang air kecil berlebihan, bahkan lebih dari 20 kali dalam sehari, demikian kata dr Melvin Stjernholm. Hal ini diakibatkan karena kerja ginjal sangat berat serta terlalu banyak kadar glukosa di dalam darah. Umumnya, air urine juga warnanya pekat.

Merasa lelah
Anda seringkali kepayahan dan merasa lelah sepanjang hari. Terkadang Anda juga rasanya ingin ngemil atau makan sesuatu karena merasa lapar berkepanjangan. Hal ini disebabkan karena glukosa dalam darah tidak dapat dimanfaatkan dan hanya berdiam saja.

Seringkali infeksi
Apabila Anda sering mengalami infeksi baik di bagian intim, mulut, atau bagian tubuh yang lain, serta lukanya tidak mudah sembuh, maka Anda harus berhati-hati. Ini adalah tanda keempat bahwa sebenarnya Anda mengalami diabetes.

Pemulihan luka yang cenderung lama
Saat mengalami luka, biasanya proses penyembuhannya akan jauh lebih lama. Hal ini diakibatkan terlalu banyak kandungan glukosa sehingga melemahkan sistem immune tubuh.

Sering flu dan demam
Flu dan demam seringkali dialami karena immune tubuh diserang terlebih dahulu. Dan virus flu ini bisa jadi merupakan tanda dari serangan diabetes tipe 2.

Pandangan mata kabur
Apakah Anda sering merasa pusing dan pandangan mata menjadi kabur? Maka sebaiknya Anda lebih berhati-hati, karena tanda diabetes semakin perlu dicermati. Terkadang penglihatan seperti biasa-biasa saja, tetapi tiba-tiba menjadi kabur tanpa sebab.

Mendadak berat badan turun drastis
Berat badan turun drastis? Janganlah keburu senang. Pertanda ini semakin meyakinkan Anda bahwa mungkin Anda menderita diabetes. Penurunan berat badan ini juga karena tubuh mulai memakan nutrisi dari otot, dan pembakaran energinya tidak lagi normal seperti biasanya.

Selalu merasa lapar
Merasa lapar berlebihan padahal baru saja makan? Diabetes biasa membuat tubuh menjadi mudah lapar karena Anda tidak mampu mengubah makanan menjadi energi.

Rasa ngilu berlebihan
Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter apabila Anda sering merasa cemas, tubuh sakit semua dan ngilu berlebihan. Tanda ini merupakan tanda penyakit diabetes yang tak boleh diabaikan. Segera minta penanganan sehingga kesehatan Anda bisa dipulihkan. (vem/bee)

Semoga artikel tentang Ciri dan Tanda Seseorang Rawan Terserang Diabetes dapat bermanfaat. Terimakasih
[http://www.vemale.com/kesehatan/24173-10-tanda-anda-rawan-terserang-diabetes.html]
[gambar:metroparamedicalsvc.com]

Reply