no comments

Fakta Tentang Barcelona yang Jarang Diketahui

Fakta Tentang Barcelona yang Jarang Diketahui

Barcelona merupakan klub penuh sejarah dan boleh dibilang yang terbaik di dunia saat ini. Mulai dari zaman Joan Gamper, Cesar Rodriguez, Johan Cruyff, Ronaldinho hingga kini Lionel Messi, Barcelona selalu mampu mempertahankan eksistensinya di pentas sepakbola Eropa dan dunia.

Meski menjadi salah satu klub terkenal di dunia saat ini, ternyata banyak hal-hal berkaitan dengan Barcelona yang jarang terungkap. Seperti dikutip dari The Inverted Winger, berikut ini adalah 8 hal yang Anda harus ketahui tentang Blaugrana:

1. Cules
Suporter Barcelona biasanya disebut Cules, yang artinya dalam bahasa Catalan adalah “bokong”. Kenapa dipanggil Cules? Dulu saat Azulgrana masih bermain di Stadion Les Corts, orang-orang dari luar stadion hanya bisa melihat bagian bokong penonton yang berada di dalam stadion.

2. Kapasitas Camp Nou
Barcelona mulai menggunakan Camp Nou sebagai markas pada 1957. Saat menjadi salah satu stadion di Piala Dunia 1982, kapasitas penonton Camp Nou pernah ditingkatkan menjadi lebih dari 120 ribu tempat duduk. Namun, karena alasan keamanan, kapasitas itu kemudian dikurangi.

Kini, Camp Nou punya kapasitas sekitar 99 ribu tempat duduk. Camp Nou menduduki peringkat ke-14 stadion berkapasitas penonton terbesar di dunia.

3. Lahir Lewat Iklan
Tahukah Anda kalau Barcelona lahir dari sebuah iklan di suratkabar Los Deportes? Ya, adalah Joan Gamper (Hans Gamper) yang memulai ide untuk membentuk sebuah klub sepakbola di Catalunya. Pria asal Swiss itu sebelumnya adalah mantan kapten FC Basel dan salah satu pendiri FC Zurich.

Pada 22 Oktober 1899, Gamper memasang iklan di Los Deportes yang isinya ajakan untuk membentuk klub sepakbola di kota Barcelona. Iklan Gamper mendapat respon positif. Ada 11 pemain datang ke Gimnasio Sole setelah membaca iklan Gamper, dan Blaugrana pun resmi lahir pada 29 November 1899.

4. La Escopidora
Salah satu pencapaian terbesar Gamper adalah membangun stadion pertama Barcelona, La Escopidora. Meski hanya memiliki kapasitas 6.000 penonton, La Escopidora merupakan stadion pertama di Spanyol yang memiliki lampu sorot.

5. Jack Greenwell
Meski John Barrow tercatat sebagai pelatih pertama Barcelona, namun Greenwell (1917-1924) merupakan orang pertama yang dikontrak Barcelona secara penuh sebagai pelatih. Pelatih asal Inggris itu dianggap sebagai pelopor era emas pertama Blaugrana.

6. Pemain Asia Pertama
Paulino Alcantara merupakan pemain Asia pertama yang pernah memperkuat Barcelona. Lahir di Iloilo, Filipina, Paulino juga merupakan pemain termuda yang pernah memperkuat Blaugrana pada 25 Februari 1912 saat masih 15 tahun, 4 bulan dan 18 hari.

Situs FIFA mencatat, Paulino mencetak 357 gol untuk Barcelona selama dua periode 1912-1916 dan 1918-1927. Ayah Paulinho merupakan tentara Spanyol, sedangkan ibunya asli Filipina. Paulinho pernah memperkuat timnas Filipina, Catalonia dan Spanyol.

7. Les Corts Ditutup
Pada 24 Juni 1925, suporter Barcelona di Stadion Les Corts mencemooh lagu kebangsaan Spanyol. Suporter Barcelona justru melakukan standing ovation saat lagu kebangsaan Inggris, God Save The King, berkumandang.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk perlawanan terhadap mantan Perdana Menteri Spanyol, Miguel Primo de Rivera, yang dianggap sebagai diktator. Stadion Les Corts pun ditutup selama 6 bulan oleh pemerintah Spanyol.

8. Nasib Tragis Sang Pendiri
Joan Gamper meninggal secara tragis pada 30 Juli 1930. Pria asal Swiss itu bunuh diri setelah melalui masa depresi akibat masalah pribadi dan kebangkrutan. Gamper juga dikabarkan melakukan bunuh diri karena mendapat tekanan dari Miguel Primo de Rivera. Ketika itu Gamper dianggap Sang Perdana Menteri mempromosikan anti-Spanyol dan mengangkat nasionalisme Catalan. (one)

Source: Vivanews

Reply