no comments

Fungsi Dan Peran Sekolah Dasar Dalam Perkembangan Anak

Pendidikan di sekolah dasar merupakan salah satu tempat yang menjadi bagian dari kehidupan anak-anak. di sekolah dasar, anak banyak melakukan berbagai aktivitas baik fisik maupun psikis, mulai dari belajar di kelas sampai bermain di halaman sekolah atau di dalam kelas. Tidak salah kalau pada usia-usia sekolah dasar bermain merupakan dunianya anak.

Dengan demikian, fungsi dan peran sekolah dasar bagi perkembangan anak tersebut membawa kehadiran guru di kelas dan teman-taman siswa di sekolah, semakin meyakinkan bahwa kebermaknaan lingkungan sekolah dapat memberi pengaruh terhadap tahap-tahap perkembangan belajar anak. Guru merupakan orang yang sudah dididik dan dipersiapkan secara khusus dalam bidang pendidikan. Dengan mengusai segenap bekal pengetahuan dan keterampilan yang bisa menjadikan stimulus bagi perkembangan anak-anak yang mereka dapatkan di bangku kuliah yang dilengkapi dengan penguasaan ilmu pengetahuan tentang strategi, teknik dan metode/model dalam pembelajaran. Dalam konteks perkembangan anak, kehadiran guru merupakan keunggulan dari pada orang-orang dewasa lainnya. Hal ini dapat diasumsikan bahwa pengalaman interaksi pendidikan dengan guru di sekolah khususnya di sekolah dasar akan membawa interaksi pengalaman anak yang bermakna dari pada dengan sembarang orang.

Pengaruh sekolah terhadap perkembangan aspek kognisi sangat terlihat jelas. kegiatan utama anak di sekolah adalah mengikuti kegiatan belajar yang sangat berkaitan dengan proses pengembangan kognisi anak. Berbagai penelitian (Santrock dan Yussen, 1992), memberikan kontribusi yang meyakinkan bahwa perkembangan kognisi anak yang sekolah sangat berbeda dengan anak yang tidak sekolah. Namun, bila ditilik dari segi muatan isi kurikulum yang eksplisit (explicit curriculum) maupun yang bersifat implisit (hidden curriculum), banyak unsur-unsur muatan yang bernilai dengan aspek-aspek sosiomoral lainnya yang terlibat dalam proses interaksi pendidikan dengan anak di sekolah dasar. Hal itu dapat diartikan, bahwa interaksi pendidikan di sekolah dasar tidak hanya berkenaan dengan perkembangan aspek kognisi anak, lebih dari itu juga berkenaan dengan perkembangan aspek-aspek pribadi lainnya.

Dari uraian tersebut di atas, dapat dimaknai bahwa dari sisi perkembangan anak, sekolah dasar berfungsi dan bertujuan untuk memfasilitasi proses pada tahap perkembangan belajar anak di sekolah dasar secara menyeluruh, sehingga dapat berkembang secara optimal sesuai denga harapan dan norma yang berlaku di masyarakat. meskipun tampaknya sekolah itu sangat dominan dalam perkembangan aspek intelektual dan kognisi anak, namun sebenarnya sekolah berfungsi dan berperan dalam mengembangkan segenap aspek perubahan perilaku dan aspek sosiomoral serta emosi ke arah jenjang selanjutnya yang lebih baik yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain, agama, bangsa dan negaranya sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Sumber: pendidikansekolahdasarku.com

Loading...

Reply