no comments

Gejala Awal Dari Penyakit Gagal Ginjal

Gagal ginjal dapat menjadi kronis jika tak segera diatasi seawal mungkin. Ginjal yang tak bekerja dengan baik tentunya akan mengganggu berbagai fungsinya. Apabila telah terlanjur, maka penderita bisa menjalani cuci darah hingga sisa usianya.

gejala-gagal-ginjal

Karena itu mengenali gejala awal sakit ginjal sangat penting dilakukan, untuk menghindari kemungkinan terburuk yang dapat terjadi. Diungkap oleh Dr. Roger Tan, Spesialis Ginjal dari Gleneagles Hospital, Singapura, bahwa karena ketidak tahuan orang sering abai dengan gejala awal gagal ginjal.

Banyak yang tidak menyadari, dan mungkin merasa kondisi ginjal mereka dalam keadaan baik-baik saja, dan kemudian baru ketahuan menghadapi penyakit ginjal ketika berada pada tahap akhir.” Tulis Liputan6.

Gejala umum yang paling dirasakan oleh pasien adalah rasa lelah yang tak biasanya dialami. Kelelahan itu berlangsung beberapa waktu dan disusul dengan konsentrasi menurun.

Kemudian gejala fisik lain adalah bengkaknya kaki, dan badan yang terasa gatal. Nafsu makan pun hilang, serta urin yang dikeluarkan berkurang dan berbusa.

Dengan sosialisasi gejala awal gagal ginjal tersebut, maka korban jiwa dapat dikurangi. Apalagi fungsi ginjal yang terkait dengan organ tubuh lain juga tak sedikit. Ginjal menjaga kadar air dalam tubuh tetap seimbang.

Ginjal juga mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sehingga kerusakan ginjal berarti darah akan tercemar racun yang berbahaya untuk kesehatan.

Ketika ginjal menjadi rusak oleh penyakit, organ lain di tubuh kita akan turut terpengaruh juga. Kurangnya kesadaran masyarakat akan penyakit ginjal, menyebabkan penyaki ini sering terabaikan,” tutupnya.

[alert-note]Sumber:sidomi.com[/alert-note]

Reply