no comments

Google Mati 5 Menit, Internet Dunia Lumpuh

Google Mati 5 Menit, Internet Dunia Lumpuh

Lintasjari.com – Beberapa waktu lalu, seperti dikabarkan Daily Mail, Google sempat ‘mati’ selama lima menit. Imbas dari ‘pingsannya’ mesin penelusuran ini, internet dunia sempat ‘lumpuh’. Apa dan bagaimana peristiwa ini bermula?

Kejadian tersebut berlangsung pada Sabtu (17/08/13) pekan lalu. Google selama lima menit alami gangguan mulai pukul 22:52 hingga 22:57 waktu GMT. Lantas, ‘kelumpuhan’ apa yang terjadi?

Imbas dari gangguan di atas menyasar pada trafik internet secara global. Terjadi penuruan yang cukup drastis bahkan ada beberapa situs yang tidak beroperasi. Mengapa ini bisa terjadi?

Disinyalir, menurut temuan perusahaan statistik Go Squared, penurunan tersebut hingga capai di angka 40%. Sedangkan penyebabnya tentu saja tak biasa diaksesnya Google yang posisinya sebagai search engine.

Jika menilik dari apa yang terjadi dengan internet selama satu menit, terjadi dua juta pencarian yang dilakukan di situs Google. Jika angka tersebut dikalikan lima menit maka bakal ada sekitar 10 juta aktivitas pencarian yang hilang.

Dengan demikian maka wajar terjadi penuruan jumlah trafik di tiap web di seluruh dunia. Netizen sendiri tidak selalu menuju ke situs terpilih dengan menulis alamat URL namun juga lewat pintu Google sebagai ‘rujukan’.

Google sendiri bukan kali ini saja ‘pingsan’. Namun jika menilik ke belakang, sejak tahun 2009 lalu, ini merupakan kali pertama Google alami ‘kelumpuhan’.

[source:http://sidomi.com/210381/google-mati-5-menit-internet-dunia-lumpuh/]

Loading...

Reply