no comments

Huawei Siapkan 3 Strategi Kalahkan Apple

Huawei Siapkan 3 Strategi Kalahkan Apple

Produsen smartphone dari Tiongkok, Huawei pada Rabu (7/5/2014) lalu merilis smartphone terbaru seri Ascend P7. Huawei sesumbar bahwa smartphone unggulan terbarunya itu menjadi bagian dari langkah perusahaan untuk menjatuhkan dominasi Apple.

Ascend P7 yang mulai dijual pada bulan Juni nanti di Eropa dan Asia dibanderol harga 665 dollar AS dan diharapkan bisa memberikan pemasukan lebih dari unit bisnis ponsel Huawei.

“Value for money saja tidaklah cukup, kami juga harus membuat produk premium agar bisa bersaing di pasar,” ujar Presiden Consumer Business Group Huawei Eropa, Richard Ren, seperti dilansir dari CNet.

Menurut Ren, Huawei mengakui punya rencana jangka panjang dengan smarrtphone premiumnya. Tujuan akhirnya adalah mampu bersaing dengan raksasa Apple.

Dijabarkan oleh Ren, rencana Huawei tersebut dibagi menjadi tiga tahap, yaitu fase pendobrak, fase pertumbuhan, dan terakhir adalah fase memimpin.

Fase pertama telah dilakukan Huawei dengan membuat pondasi yang kuat di tingkat distributor dan peretail. Mereka menanamkan keyakinan bahwa Huawei adalah merek yang terpercaya.

Sementara fase kedua, pertumbuhan, telah dimulai Huawei pada tahun lalu. Di tahun 2013 itu smartphone Ascend P6 terjual sebanyak 4 juta unit. Sementara tahun 2014 ini Huawei menargetkan mampu menjual Ascend P7 sebanyak 10 juta unit.

Secara total, jumlah pengiriman semua lini smartphone Huawei juga diharapkan bisa meningkat, dari 52 juta unit tahun lalu menjadi 80 juta unit hingga akhir tahun ini.

Dengan demikian, porsi perangkat smartphone premium Huawei akan meningkat dari 7 persen menjadi 13 persen dari total penjualan perusahaan.

“Kami akan menyelesaikan rencana fase kedua ini pada tahun 2017 nanti,” ujar Ren.

Fase ketiga adalah fase dimana Huawei menjadi pemimpin di segmen perangkat mobile. Dalam arti lain, pangsa pasarnya mencapai lebih dari 15 persen secara global.

Sebagai perbandingan, pangsa pasar global Huawei saat ini baru 4,9 persen menurut lembaga riset IDC. Sementara pangsa pasar Apple mencapai 15 persen, dan Samsung 30,2 persen.

Rencana Huawei ini bagi sebagian orang mungkin terdengar ambisius, namun Ren yakin Huawei mampu melakukannya.

Sumber:kompas.com

Loading...

Reply