no comments

Ini Dia Waktu Olahraga yang Tepat Saat Puasa

Ini Dia Waktu Olahraga yang Tepat Saat Puasa
Ilustrasi

Pagi hari di akhir pekan identik dengan olahraga bersama keluarga. Saat berpuasa mungkinkah hal itu tetap dilakukan? Jika bukan pagi hari, lalu kapan waktu terbaik untuk melakukan berolahraga ketika berpuasa?

Berolahraga berpengaruh secara signifikan pada proses metabolisme tubuh. Saat berolahraga tubuh akan merasa dehidrasi dan menurunkan daya tahan tubuh.

Sejumlah peneliti membuktikan berolahraga mampu menyebabkan dehidrasi pada otot sekitar 3 persen dan menurunkan kekuatan otot hingga 12 persen. Hal ini membuktikan jika berolahraga saat berpuasa sangat tidak dianjurkan, karena yang terjadi justru lebih banyak merugikan bagi tubuh.

Mengutip laman Islamcity, Minggu 6 Juli 2014, waktu terbaik untuk berolahraga yakni malam hari setelah salat tarawih. Hal ini dikarenakan tubuh telah mendapatkan kembali asupan makanan dan minuman yang dapat dijadikan ‘bekal’ sebelum berolahraga.

Selain setelah salat tarawih, anda yang masih memiliki sedikit waktu luang juga bisa berolahraga sesaat setelah berbuka puasa. Jeda waktu yang singkat antara waktu berbuka dan adzan Isya membuat anda hanya memiliki waktu sekitar 30 menit untuk berolahraga.

Sedangkan untuk latihan kardio, anda memerlukan waktu yang lebih lama. Ada baiknya untuk latihan yang satu ini dilakukan sebelum makan sahur. Namun rasanya sulit untuk bangun dini hari sebelum sahur hanya untuk berolahraga.

Jika hal itu terasa memungkinkan, baiknya 30 menit sebelum mulai berolahraga anda mengkonsumsi segelas air putih atau teh. Berlatih kardio pada waktu ini dapat dilakukan selama 30-45 menit untuk berjalan di atas treadmill.

Sumber: www.dream.co.id

Loading...

Reply