no comments

Inilah Sejarah Asal Mula Telur Asin Dari Brebes

Inilah Sejarah Asal Mula Telur Asin Dari Brebes –┬áBrebes dikenal dengan makanan khas nya yakni telur asin yang masir serta gurih. Selain enak, ukuran telur bebek yang dijadikan telur asin di kota tersebut juga besar-besar. Tak heran jika penganan tersebut selalu jadi oleh-oleh pilihan jika berkunjung ke sana.

Nah yang bikin penasaran, sejak kapan yah kota yang terletak di Pantura itu mulai menjadikan telur asin menjadi ikonnya? Padahal di kota-kota lain pun telur asin sangat mudah didapatkan, namun hanya Brebes yang selalu dikait-kaitkan dengan lauk yang murah meriah tersebut.

Sejarah Telur Asin

Ternyata kisah awalnya mulai di tahun 1950-an, saat sebuah keluarga dari China bernama In Tjiau Seng dan Tan Polan Nio memulai usaha telur asin mereka.

Saat itu di wilayah Brebes belum ada yang mencoba usaha tersebut, dan telur asin juga dikenal sebagai penganan eksklusif yang hanya dijual untuk konsumsi Jakarta.

Makin lama, usaha telur asin keluarga tersebut berkembang, dan banyak pegawai mereka yang meniru mencoba usaha tersebut.

Peternakan bebek petelur pun makin banyak ditemukan di Brebes, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan telur asin. Dilansir laman telurbrebes.wordpress.com, proses pengasinan yang dilakukan oleh pengusaha di Brebes unik dan khas sehingga rasa masir dari produksi mereka selalu bikin kangen.

Lambat laun, produksi telur asin ini semakin menyebar dan laris. Pasangan inipun memperkerjakan para pekerja untuk membantunya. Hingga akhirnya sang pekerja ini keluar dan membuat produksi telur asin sendiri berbekal ilmu yang didapatkannya selama bekerja di tempat Tjiau dan Tan. Telur asin pun dijual tak hanya ke Jakarta tetapi ke daerah Brebes dan sekitarnya, dan tersohor hingga saat ini.

Pembuat telur asin lainnya dari daerah Brebes yang juga terkenal adalah pasangan Tjoa Kiat Hien dan Niati. Merk telur asinnya adalah cap Tjoa dan menjadi favorit banyak orang.

Sumber : Sidomi.com

Loading...