no comments

Jalan Keluar untuk Menghadapi Sebuah Masalah

Jalan Keluar untuk Menghadapi Sebuah Masalah. Dalam kehidupan di dunia ini, kita sering dihadapkan pada situasi yang menyulit (masalah). Masalah bisa datang baik dilingkungan keluarga, pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat. Ada permasalahan yang ringan, karena kita terbiasa menghapinya dan meyelesaikannya dengan tuntas.  Namun adakalanya permasalahan yang datang begitu sulit untuk dicari jalan keluarnya, bahkan sampai menguras pikiran dan tenaga kita.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana jalan keluar terbaik (solusi), yang bisa kita ambil untuk menghadapi masalah tersebut? Jawaban atas pertanyaan di atas sangatlah sederhana. Apa itu? Yakni dengan TAQWA kepada Allah SWT. Peranyaan lebih lanjutnya adalah mengapa taqwa merupakan jalan keluar terbaik dalam menghadapi permasalahan kita? Sebagai seorang muslim, kita haruslah menggunakan al Quran sebagai pedoman dan landasan dalam kehidupan ini. Jelas bahwa Al Quran ini tidak ada keraguan didalamnya, artinya ayat-ayatnya jelas dan pasti kebenarannya dan tidak perlu kita ragukan lagi.

Allah SWT berfirman dalam Quran surat At-Talaq ayat 2, yang berbunyi:

Jalan Keluar untuk Menghadapi Sebuah Masalah
Quran surat At-Talaq ayat 2

Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.

Bagian akhir dari Quran surat At-Talaq ayat 2, di atas menandaskan bahwa semakin kita taqwa kepada Allah SWT, niscaya kita akan mendapatkan pertologan berupa jalan keluar atas permasalah yang sedang kita hadapi.

Pertologan Allah SWT pun, banyak terjadi dalam sejarah umat Islam. Kita ambil contoh pada waktu terjadinya perang Badar. Bayangkan saja 300 tentara kaum muslim dengan sejata seadanya, 2 kuda dan 70 onta berhadapan dengan 1000 kaum kafir Quraisy dengan 600 pakaian perang, 100 kuda, dan 700 unta. Secara hitungan matematika jelas tidak mungkin kaum muslimin dapat memenangkan peperangan tersebut.  Namun, tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak.  Di saat yang sangat genting, dengan keimanan dan ketaqwaan kaum muslimin, maka Allah SWT memberikan pertolongannya, sehigga kaum muslimin dapat memenangkan peperangan tersebut.

Dari kisah di atas, dapat kita ambil pelajaran bahwa keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah, dapat berbuah manis tidak hanya di dunia namun juga di akherat kelak. Semoga kita dapat mengambil pelajaran yang baik dan senantiasa meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

[sumber:http://www.konsistensi.com/2013/10/temukan-jalan-keluar-menghadapi-masalah.html]

Loading...

Reply