no comments

Jangan Pernah Sepelekan Gigi Berlubang

Jangan Pernah Sepelekan Gigi Berlubang

Masalah gigi seringkali dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal ada efek buruk dari masalah gigi yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang membahayakan.

Sakit gigi akibat gigi berlubang jangan Anda anggap sepele. Jika dibiarkan, masalah gigi ini bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti radang jantung, radang tulang, bahkan abses otak.

“Banyak yang tidak menyadari bahwa gigi berlubang bisa merambat hingga penyakit lain yang membahayakan kesehatan. Kuman yang menggerogoti gigi hingga membuat infeksi, bisa menjalar hingga pembuluh darah. Kuman yang bisa masuk kedalam pembuluh darah akan terbawa keseluruh tubuh dan tentu bisa bersarang dalam organ vital pada tubuh,” jelas dr. Tengku Bahdar Johan, SpPD, spesialis penyakit dalam dari RS Premier Bintaro dalam acara Pepsodent Rayakan Hari Kesehatan Gigi Sedunia, di Gandaria City, Jakarta, Jumat (24/03/2013).

Dari banyak kasus, pasien yang mengalami penyakit komplikasi seperti radang pada organ vital, tidak menyadari bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh gigi berlubang yang mengalami infeksi.

“Contoh komplikasi penyakit sederhana adalah jika Anda tiba-tiba mengalami biduri atau alergi, padahal sebelumnya Anda tidak pernah mengalami hal tersebut. Coba Anda periksa apakaj gigi Anda bermasalah atau tidak. Jika gigi Anda berlubang dan sudah cukup parah, bisa jadi biduri yang Anda alami akibat dari kuman yang mengganggu tubuh, sehingga meningkatkan imunitas atau kekebalan yang memicu alergi. Inilah mengapa, Anda harus melakukan perawatan dan pengobatan gigi yang benar,” tegas dr. Bahdar.

[sumber:http://health.okezone.com/read/2013/03/22/482/780213/jangan-sepelekan-gigi-berlubang]

Loading...

Reply