no comments

Jenis dan Macam-macam Operasi Kanker Kulit

Jenis dan Macam-macam Operasi Kanker Kulit

Tahukah Anda bahwa untuk mengobati penyakit kanker kulit yang diderita, setiap pasien kanker kulit ternyata membutuhkan sebuah operasi pengangkatan kulit untuk bisa sembuh. Operasi yang dilakukan ini bisa dilakukan dengan melakukan beberapa macam operasi. Jenis operasi kanker ini bergantung pada jenis, ukuran dan bagian tubuh mana yang terkena oleh kanker kulit itu sendiri.

cancerresearchuk.org menyebutkan ada beberapa macam jenis operasi yang bisa diambil oleh pasien kanker kulit. Ingin tahu apa saja jenis operasi tersebut, simaklah uraian dari cancerresearchuk.org berikut ini.

1. Cryosurgery
Operasi ini untuk jenis kanker kulit yang masih berukuran kecil dan belum berkembang. Kanker akan dimatikan dengan cara didinginkan dengan menggunakan nitrogen cair untuk pengangkatan kanker.

2. Curettage and electrocautery
Dokter akan mengambil bagian kulit yang terkena kanker dengan cara mengerik menggunakan sendok kecil untuk menemukan sel penyebab kanker. Setelah itu sel penyebab kanker kulit itu akan dimatikan dengan cara disetrum.

3. Mohs micrographic surgery
Operasi pengangkatan kanker kulit ini dilakukan untuk kanker kulit berukuran sedang. operasi pengangkatan kanker dilakukan sedikit demi sedikit hingga kanker tidak ditemukan lagi.

4. Wide local excision
Operasi ini dilakukan pada kanker kulit yang berukuran sedang. operasi ini akan menimbulkan bekas jahitan pada kulit pasien, sehingga perlu dilakukan cangkok kulit jika pasien ingin menghilankan bekas jahitan setelah operasi.

5. Skin grafting
Operasi kanker kulit ini dilakukan untuk kanker kulit yang berukuran besar. operasi kanker kulit ini dilakukan untuk mengganti bagian kulit yang terkena kanker dengan kulit hasil cangkokan.

[sumber:http://www.vemale.com/topik/penyakit-wanita/33996-macam-macam-operasi-kanker-kulit.html]

Loading...

Reply