no comments

Makanan yang sehat untuk ibu hamil muda

Makanan yang sehat untuk ibu hamil muda

awal-awal kehamilan bagi ibu tentunya janganlah ceroboh dalam memilih makanan, karena akan berpengaruh pada janin, dan untuk itu ada beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin. Makanan sehat sangat dibutuhkan ibu hamil terutama pada masa awal kehamilan yang rentan mengalami keguguran.

Jadi kondisi fisik dan batin harus dijaga dengan baik agar tidak berpengaruh pada kesehatan kandungan. Umunya masa hamil muda sering terasa mual dan muntah, dan lebih diperburuk lagi apabila kurang makan yang mengakibatkan perut kosong. Keadaan seprti ini dapat dihindari dengan sering makan namun dalam porsi yang ringan.

Meskipun ibu hamil merasakan mual yang berkepanjangan, usahakan tetap makan makanan yang sehat dan bergizi karena gizi makanan sangatlah berpengaruh pada perkembangan janin ditubuh ibu. Makanan yang sehat dan bergizi sangat penting bagi ibu hamil, karena makanan tersebut berfungsi bagi ibu hamil untuk memperbaiki mutu dan jumlah air susu dan menjaga stabilitas tekanan darah serta pertumbuhan plasenta.

Berikut gizi yang wajib tersedia pada menu makanan sehat untuk ibu hamil muda, yaitu;

Karbohidrat
Karbohidrat terdiri dari makanan seperti nasi, ubi, ketela, jagung, gandum, dan kentang. Yang mana makanan mengandung karbohidrat ini berfungsi untuk tumbuh kembang janin agar dapat mencapai minimal 2,5 kg.

Protein
Ketika sedang dalam masa hamil hendaknya ibu mendapatkan protein yang diperoleh dari kedelai, telur, daging, dan jenis kacang-kacangan. Karena pertumbuhan janin di dalam perut sangat membutuhkan protein.

Vitamin
Bagi ibu hamil hendaknya mengkonsumsi jenis makanan seperti buah, daging, susu, ikan, kacang-kacangan, telur, sayur-sayuran, dan yoghurt. Dimana pada makanan tersebut terdapat berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan seperti vitamin B1, B2, B6, B12, D dan asam folat. Yang mana masing-masing vitamin tersebut mempunya fungsi sebagai sumber energi, mengatur pemanfaatan protein dalam tubuh, penyerap kalsium serta pembentukan sel darah.

Zat Besi
Selin tiu pula zat besi sangatlah dibutuhkan bagi ibu hamil, dimana kandungan zat besi dapat diperolah dari makanan seperti sayuran, hati, dan daging. Dimana zat besi inu juga dibutuhkan oleh plasenta. Bayi mendapatkan oksigen dan gizi dari makanan yang dikonsumsi sang ibu melalui plasenta. Jadi kesehatan plasenta sanagtlah penting bagi pertumbuhan bayi.

Air Putih
Air putih juga merupakan bagian terpenting untuk menjaga kesehatan. Pada dasarnya dalam kondisi normal kita biasanya memerlukan 8 gelas air perhari. Namun ketika masa hamil kebutuhan air akan lebih banyak. Karena ibu hamil lebih sering berkeringat dan buang air kecil. Jadi minumlah air putih dengan sering untuk membantu mengatasi dehidrasi saat masa hamil. Baca manfaat air putih

[sumber:http://tipsibuhamil.com/nutrisi-ibu-hamil-2/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-muda]

Baca juga:
#Manfaat coklat untuk ibu hamil

Loading...

Reply