no comments

Manfaat Buah Anggur yang Belum Kamu Ketahui

Manfaat Buah Anggur yang Belum Kamu Ketahui – Anggur adalah buah yang digemari oleh masyarakat Eropa dan Amerika karena sudah diketahui menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya dikonsumsi, anggur juga menjadi bahan baku untuk membuat wine, minuman beralkohol yang mahal harganya.

buah anggur

Sementara itu di Indonesia tanaman ini sudah banyak ditanam oleh petani dengan cita rasa yang tak kalah dari buah anggur impor. Jenisnya pun macam-macam, mulai dari anggur merah, anggur hijau dan anggur hitam tumbuh subur di tanah air.

Jadi apa sebenarnya manfaat dari buah anggur untuk kesehatan tubuh, sehingga ia banyak dibudidayakan oleh petani? Dilansir oleh laman Boldsky, ini dia beberapa di antaranya:

  • Kandungan nutrisi pada anggur dapat memberi tambahan untuk kebutuhan tubuh manusia, yakni vitamin A, B6 dan C. Juga mineral seperti potasium, magnesium serta selenium yang membantu dalam berbagai fungsi dalam tubuh.
  • Buah yang rimbun bergerombol itu juga dapat mencegah peradangan di dalam tubuh sebab mengandung zat anti-inflamasi sehingga proses penyembuhan sel bisa lebih cepat.
  • Anggur pun mencegah efek buruk dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sebab kaya antioksidan terutama di bagian bijinya. Itu sebabnya biji anggur sebaiknya ikut dimakan, jangan dibuang.
  • Pencernaan lancar dengan serat alami yang dikandung anggur, terhindar dari sembelit.
  • Kandungan kolesterol jahat yang tinggi pun dapat teratasi dengan konsumsi anggur secara rutin, sehingga tubuh terhindar dari penyakit jantung dan diabetes.
  • Konsumsi rutin buah ini juga mencegah timbulnya gangguan pada ginjal, serta mengurangi asam urat yang tinggi.

Dengan berbagai nutrisi yang dikandung anggur, maka sistem imun tubuh dapat meningkat dan berguna untuk mencegah penyakit.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa anggur dapat menurunkan risiko kanker payudara bagi wanita serta kanker usus besar.

Manfaat anggur sudah pasti lebih banyak dari yang bisa disebut di atas, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya.

Semoga informasi mengenai manfaat buah anggur ini dapat menambah informasi tentang pentingnya buah bagi kesehatan.

Sumber : SIDOMI