no comments

Materi PKn – Pengertian Dasar Negara

Materi PKn – Pengertian Dasar Negara – Setiap negara memiliki dasar negara. Dasar negara berisikan sejumlah norma dasar yang dijadikan panduan normatif penyelenggaraan bernegara. Norma dasar itu merupakan hasil kesepakatan dari bangsa yang bersangkutan Dasar negara menjadi sumber bagi pembentukan konstitusi sebagai hukum dasar suatu negara. Konstitusi negara merupakan hukum tertinggi negara sebagai tempat penuangan norma-norma dasar yang terkandung dalam suatu dasar negara. antara dasar negara dan konstitusi pasti memiliki keterkaitan. Bangsa Indonesia yang mencapai kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 pun berusaha merumuskan dasar negara dan konstitusi secepat mungkin. Dengan demikian, dasar negara dan konstitusi adalah dua hal penting bagi sebuah negara.

burung garuda pancasila

Dasar negara adalah dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan suatu negara dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan. Dasar negara juga merupakan perwujudan dan keinginan rakyatnya. Dasar negara adalah fundamen yang kokoh dan kuat serta bersumber dari pandangan hidup atau falsafah (cerminan dari peradaban, kebudayaan, keluhuran budi dan kepribadian yang tumbuh dalam sejarah perkembangan suatu bangsa) yang diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pada hakikatnya dasar negara merupakan falsafah negara. Falsafah negara berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum. Oleh karena itu, falsafah negara atau dasar negara menjadi sikap hidup, pandangan hidup bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Dasar negara merupakan grundnorm (norma dasar) atau staatfundamentalnorm (norma fundamental negara). Dasar negara menjadi norma tertinggi negara yang adanya tidak berdasarkan norma di atasnya tetapi berdasar kesepakatan masyarakat bangsa itu. Dasar negara yang berisi norma tertinggi ini selanjutnya dijadikan panduan atau kaidah penuntun bagi hukum-hukum negara.

Sumber
Dwi Cahyati A.W dan Warsito Adnan. 2011. Pelajaran Kewarganegaraan 1 untuk kelas X SMA, MA, dan SMK. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.

Loading...