no comments

Meluruskan Rambut dengan Rebonding on bleached hair

Meluruskan Rambut dengan Rebonding on bleached hair

Lintasjari – Teknik Rebonding on bleached hair merupakan cara meluruskan rambut pada rambut yang rusak/bleached. Kondisi lingkungan yang penuh polusi, asap dan udara yang kotor serta gaya hidup yang praktis, seperti banyak mengkonsumsi junk food, kurang tidur, merokok merupakan pencetus bereaksinya radikal bebas dalam tubuh.

Hal ini juga akan berakibat pada rambut, karena rambut kurang asupan gizi, sehingga tidak berkilau, kemerahan, pecah-pecah dan sangat kering. kondisi rambut yang rusak tentunya harus mendapatkan perhatian yang serius. Dan untuk mengembalikan kondisi rambut diperlukan perawatan yang rutin.

Penyebab rusaknya rambut dapat juga disebabkan karena telah mengalami proses kimia. Rambut yang mengalami pemudaan/pemutihan umumnya bertujuan mendapatkan warna fashion yang diinginkan.

Dengan teknik Rebonding on Bleached Hair, diharapkan rambut yang pernah dibleach dapat diluruskan dengan tidak menambah kerusakan pada rambut.

Adapun langkah-langkah kerja dari rebonding on bleached hari adalah sebagai berikut:
a) Cuci rambut
Cuci rambut dengan Professional Shampoo Conditioner, agar kutikula rambut terbuka sehingga memudahkan/mempercepat peresapan cream pelurusan. Lakukan treatment terlebih dahulu dengan Hair Repair, Massage rambut lalu steam (10-15 menit dan suhu 30°) dan bilas.

b) Persiapan
Keringkan rambut dengan hair dryer sampai 70% kering. Semprotkan Anti Frizz Spray untuk meningkatkan elastisitas dan mengembalikan kelembaban rambut yang akan hilang selama proses pelurusan. Dan juga supaya rambut tidak kaku, kusut dan kusam serta akan memperoleh hasil akhir yang lebih lurus.

c) Pengolesan cream
Bagi rambut jadi 4 bagian lalu jepit untuk memudahkan pengolesan cream. Oleskan cream step 1 secara merata dengan sisir pada 3 titik dirambut, yaitu pangkal dengan jarak 1 cm dari kulit kepala, tengah dan ujung rambut. Jangan melakukan penarikan atau penekanan dengan ibu jari atau sisir.

d) Peresapan awal
Diamkan beberapa saat sampai rambut keriting menjadi rileks. Untuk mengetahui apakah rambut sudah rileks, ambil beberapa helai rambut, tarik dengan lembut, bila dilepas rambut tidak kembali ke ukuran semula.

e) Smoothing
Sisir rambut dan gunakan teknik jepit (press) dengan jari. Jangan menarik rambut berlebihan karena akan merusak elastisitas rambut. Usahakan ketebalan pengambilan rambut agar tidak lebih dari 1 cm dan pengangkatan lapisan rambut pada saat smoothing supaya 0° kearah bawah.

f) Peresapan akhir
Diamkan maksimal 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat, tanpa shampo, tanpa conditioner. Pastikan tidak ada sisa cream step 1 yang masih tertinggal di rambut.

g) Pengeringan
Keringkan dengan hair dryer sampai 50% kering. jangan melakukan blow tarik dan jangan pula menggunakan sisir, cukup rapikan dengan jari.Dalam tahap ini rambut akan sedikit mengembang dan terlihat belum lurus. Jangan khawatir karena jika dilanjutkan ke step selanjutnya, rambut menjadi lurus sempurna.

h) Perlindungan
Semprotkan Hair Recovery Spray sebelum dicatok, melindungi rambut dari panas alat catok, memudahkan pencatokan dan rambut menjadi lebih berkilau.

i) Dicatok
Atur suhu catok 140°C-160°C. Usahakan ketebalan pengambilan rambut tidak lebih dari 1 cm supaya panas dari alat catok bisa merata. Diamkan 5-10 menit untuk mendinginkan rambut yang telah dicatok.

k) Neutralizing
Aplikasikan neutralizer (step 2) secara merata.

l) Pembilasan
Bilas rambut dengan Deep Condotioner. Pijat perlahan selama 1-2 menit, lalu bilas hingga bersih rambut siap di styling. Untuk keramas selanjutnya adalah 3-4 hari sejak proses pelurusan dan gunakan After Rebonding Shampoo dan gunakan After Rebonding Conditioner.

Sumber Rujukan:
Rostamailis, dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut Jilid 3 untuk SMK. Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Image:suesanctuary.blogspot.com.

Reply