no comments

Meluruskan Rambut dengan Retouch rebonding

Meluruskan Rambut dengan Retouch rebonding

Lintasjari – Teknik meluruskan rambut yang sudah pernah diluruskan. Bila dengan rambut lurus bisa menambah rasa percaya diri, tentunya bentuk rambut yang lurus dan indah ingin dipertahankan terus. Tetapi secara alami rambut selalu mengalami pertumbuhan setiap 30 hari. Rambut yang baru tumbuh tentunya akan sesuai dengan bentuk aslinya yaitu keriting. Dan untuk mempertahankan bentuk rambut yang lurus tersebut, membutuhkan teknis khusus.

Teknik Re-Touch Rebonding adalah teknik yang menjawab secara tuntas bagaimana meluruskan rambut yang sudah di rebonding dengan tetap memperhatikan kesehatan rambut, seperti gambar berikut ini.

Adapun langkah-langkah kerja dari retouch rebonding adalah sebagai berikut:
a) Cuci rambut
Cuci rambut dengan Professional Shampoo, dengan suhu stabil tanpa conditioner. Supaya kutikula rambut terbuka untuk memudahkan/mempercepat peresapan cream pelurusan.

b) Treatment
Aplikasikan Hair Repair pada rambut yang sudah pernah di rebonding terutama ujung-ujung rambut. Pastikan Hair Repair yang diberikan cukup pada batang rambut. Kemudian pijat lembut dengan telapak tangan.

c) Steam
Steam selama 10-15 menit dengan suhu 30°. Bilas rambut dengan menggunakan air dengan suhu stabil. Lalu keringkan dengan hair dryer sampai 70% kering.

d) Persiapan
Semprotkan Anti Frizz Spray untuk meningkatkan elastisitas dan mengembalikan kelembaban rambut yang akan hilang selama proses pelurusan. Supaya rambut tidak kaku, kusut dan kusam serta akan memperoleh hasil akhir yang lebih lurus.

e) Pengolesan cream
Bagi rambut jadi 4 bagian lalu jepit. Oleskan cream step 1 secara merata dengan sisir hanya pada rambut keriting yang baru tumbuh. Lalu ratakan dengan sisir dan pastikan tidak ada penumpukan krim. Jangan melakukan penarikan atau penekanan dengan ibu jari atau sisir, karena dapat melukai permukaan rambut dan menyebabkan rambut bercabang, selain itu akan menyebabkan pori-pori rambut tertutup dan mempersulit penyerapan cream ke dalam batang rambut.

f) Cek rileks rambut
Untuk mengetahui apakah cream step 1 sudah meresap sempurna/relax, ada 2 teknik pengetesan yaitu:
Sisirlah selapis rambut, jika cream sudah meresap rambut akan lurus dan tidak akan kembali keriting.
Ambil helai rambut dan tarik perlahan, rambut yang relaks akan mengikuti tarikan (melar). Lakukan pengecekan dibeberapa area rambut.

g) Smoothing
Lakukan teknik smoothing dengan cara sisir rambut dan gunakan teknik jepit (press) dengan jari tengah dan telunjuk. Jangan menarik rambut berlebihan. Usahakan ketebalan pengambilan pengambilan rambut agar tidak lebih dari 1 cm dan pengangkatan lapisan rambut pada saat smoothing supaya 0° kearah bawah. Diamkan maksimum 5 menit, untuk
peresapan akhir.

h) Bilas + keringkan
Bilas dengan air hangat hingga bersih, tanpa conditioner. Rapikan dengan sisir bergigi jarang. Keringkan dengan hair dryer sampai 50% kering. Jangan melakukan blow tarik dan jangan pula menggunakan sisir, cukup rapikan dengan jari. Dalam tahap ini rambut akan sedikit mengembang dan terlihat belum lurus, jangan khawatir karena jika dilanjutkan ke step selanjutnya rambut menjadi lurus sempurna.

i) Dicatok
Semprotkan Hair Recovery Spray sebelum dicatok, untuk melindungi rambut dari panas alat catok, memudahkan pencatokan dan rambut menjadi lebih berkilau. Gunakan suhu catok 180°C. Konsentrasikan pencatokan pada rambut yang belum pernah di rebonding. Usahakan ketebalan pengambilan rambut tidak lebih dari 1 cm supaya panas dari alat catok bisa merata.

j) Dinginkan
Diamkan 5-10 menit untuk mendinginkan rambut yang telah dicatok.

k) Neutralizing
Oleskan cream step 2 pada rambut selapis demi selapis. Diamkan 15-20 menit. Mengandung vitamin yang dapat memberikan cooling effect pada rambut yang kepanasan setelah dicatok.

l) Pembilasan
Bilas dengan Deep Conditioner. Pijat perlahan selama 1-2 menit, lalu bilas hingga bersih. Keringkan dan rambut siap di style. Untuk keramas selanjutnya adalah 3-4 hari sejak proses pelurusan dan gunakan After Rebonding Shampoo dan After Rebonding Conditioner.

Sumber Rujukan:
Rostamailis, dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut Jilid 3 untuk SMK. Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Image:suesanctuary.blogspot.com

Reply